Tidak kurang dari satu juta orang harus mengungsi dari rumah mereka di Chile setelah gempa yang sangat kuat mengguncang wilayah bagian tengah negara Chile. Untuk membantu para korban, SurBTC, bursa pertukaran Bitcoin pertama di Chile, telah membuat akun dengan tujuan untuk membantu dalam pengumpulan dana bagi korban gempa dan tsunami.

Dalam sebuah postingan blog, pertukaran Bitcoin tersebut juga menjelaskan bahwa account hanya akan digunakan untuk mengumpulkan dana sumbangan bagi para korban. Fitur dari akun ini meliputi:

  1. Biaya 0% pada setiap deposito, penarikan atau transaksi lainnya. Ini akan berlaku baik di mata uang Peso Chile maupun Bitcoin.
  2. Setiap Bitcoin akan dikonversi ke Peso Chile.
  3. SurBTC hanya akan membantu dalam pengumpulan dana dan uang yang akan diberikan kepada chileayuda.com.
  4. Alamat pengiriman ke wallet Bitcoinnya: 32hpM5uCFHFEkV1UuXWfwFef2u7GNKa4Yj

Sesuai dengan laporan BBC, kurang lebih 10 orang tewas akibat tragedi tersebut hingga sejauh ini. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa penduduk kota Illapel di Chile (yang berada di dekat pusat gempa), keluar dari rumah mereka dan mengungsi karena bangunan mereka sangat rapuh dan membahayakan. Kemudian, peringatan Tsunami juga dikeluarkan tetapi telah ditarik kembali.

Situasi untuk saat ini masih tetap tegang dengan operasi penyelamatan yang masih berlangsung. Namun, dampak dari gempa tersebut agak keras dan Chile membutuhkan bantuan dengan segera.

SurBTC masih tergolong perusahaan baru, tetapi telah menunjukkan banyak manfaat dan telah menyediakan warga Chile berbagai pilihan dalam bursa perdagangan Peso mereka dengan Bitcoin, dan sebaliknya.

Hal ini juga berlaku sebagai kredit pertukaran yang cepat dalam memperoleh dukungan dan kepercayaan dari pemerintah dan juga warga setelah mengamankan dana untuk kegiatan usahanya.

SurBTC sebelumnya telah melaporkan bagaimana pemerintah Chile melangkah lebih jauh ketika memutuskan untuk menuju ke pertukaran Bitcoin dengan memberikan talangan dana sebesar $ 40.000.

CEO dan co-founder dari SurBTC Guillermo Torrealba telah mengatakan bahwa mereka merasa bahwa ini adalah “validasi yang luar biasa” untuk usaha mereka. Dana ini diberikan sebagai bagian dari inisiatif startup negara.

Sep 18, 2015Fajar Himawan

Komentar

comments