Bitfinex merupakan salah satu bursa pertukaran Bitcoin dan cryptocurrency terbesar di dunia, yang dikenai denda oleh U.S. Commodity Futures Trading Commision (CFTC) atas penawaran ilegal off-exchange pada sebuah transaksi komoditas ritel dengan Bitcoin serta kegagalannya dalam mendaftar diri sebagai Futures Commission Merchant (FCM).

Perusahaan itu diharuskan untuk membayar denda moneter sipil secara total $ 75.000 AS, atas dugaan operasi ilegal lainnya seperti mengontrol Bitcoin dengan dompet penyimpanan mereka sendiri.

Baca juga: Akankah Ethereum Mengalahkan Bitcoin Sebagai Arus Utama Microtransaksi?

“Bitfinex tidak benar-benar memberikan Bitcoin untuk para pedagang yang membeli bitcoin lewat jasa layanannya. Namun sebaliknya, Bitfinex memegang Bitcoin dengan dompet penyimpanan yang dimilikinya dan mengendalikannya” dikutip dari siaran pers U.S. CFTC.

CFTC secara lebih lanjut menekankan bahwa transaksi yang melibatkan Bitfinex dalam menyimpan Bitcoin bagi para pengguna mereka di dompet Bitcoin lalu mengontrolnya telah masuk dalam kewenangan yurisdiksi CFTC, menurut sebuah dokumen yang disusun oleh CEA. Bagian penting dari dokumen CEA menyatakan bahwa perusahaan dan bursa pertukaran seperti Bitfinex diwajibkan untuk melakukan transaksi di pasar kontrak tertentu.

“Seperti yang telah ditemukan bahwa dengan penawaran untuk masuk ke dalam, melaksanakan dan/atau mengkonfirmasikan pelaksanaan off-exchange yang mendanai transaksi komoditas ritel, membuktikan bahwa Bitfinex melanggar Pasal 4 (a) dari CEA.” jelas CFTC.

Di tengah pelunasan denda sebesar $ 75.000 US, Bitfinex bekerja sama dengan Divisi Enforcement untuk mengubah praktik bisnis mereka dan mengubah operasi mereka agar tetap sesuai dengan CEA.

Bitfinex mungkin akan mulai mengubah protokol Bitcoin tertentu mereka dan sistem bursa pertukaran cryptocurrency mereka selama beberapa bulan ke depan. Salah satu perubahan tertentu dalam praktik bisnis mereka yaitu sistem transfer secara langsung Bitcoin dari bursa pertukaran kepada para penggunanya, tanpa menahan transaksi atau menyimpan Bitcoin dalam dompet rekening perusahaan.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Sumber: U.S. Commodity Futures Trading Commision (CFTC)

Bitfinex Dikenai Denda Sebesar US $ 75.000 Karena Sebuah Transaksi Illegal Di Dalam Bursa Tersebut

Jun 4, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments