Perdebatan tentang meningkatkan ukuran blok terus memanas dan artikel ini akan menjelaskan mengapa peningkatan ukuran blok begitu penting bagi Bitcoin dan Penambang. Masalah ini secara langsung memberi efek kepada penambang seperti Anda. Genesis Mining adalah salah satu cloud mining yang mempunyai masalah tentang peningkatan ukuran blok yang berimbas pada biaya yang akan mempengaruhi pendapatan para penambangnya (pelanggan).

Protokol Bitcoin dirancang dengan sangat baik. Saat ini sekitar 100.000 transaksi diproses setiap hari oleh penambang, termasuk Anda sendiri! Dan jumlah transaksi terus menungkat. Hal ini yang mendorong perekonomian Bitcoin ke depan. Tujuan jangka panjang yang ambisius tersebut masih tetap sama: membangun Bitcoin sebagai mata uang global!

Namun, banyak yang tidak tahu bahwa ada batas atas jumlah transaksi yang dapat diproses oleh jaringan. Dan Genesis Mining sedang mendekati batas ini dengan sangat cepat.

Mengapa itu penting? Satu, Bitcoin mungkin tidak menjadi mata uang global jika jumlah transaksi tidak dapat berkembang lebih jauh lagi. Alasan lainnya, batas transaksi memiliki dampak ekonomi bagi penambang (seperti yang akan kita jelaskan di bawah).

Jadi Apa Yang Dimaksud Dari Batas Ukuran Blok ini?

Dalam Bitcoin hanya beberapa hal yang bersifat langka, misalnya, jumlah bitcoin terbatas 21 mn (juta). Hanya sedikit yang mengetahui bahwa ukuran blok memiliki batas atas juga. Maksudnya itu apa? Transaksi yang diproses dalam “blok”. Rata-rata setiap 10 menit transaksi yang dikonfirmasi itu dikumpulkan dan diproses dalam “blok”. Jika penambang memecahkan blok, transaksi ini dianggap “dikonfirmasi”. Itu sedikit disederhanakan, tapi pada dasarnya ini adalah apa yang terjadi.

Ukuran blok dibatasi oleh perangkat lunak 1 MiB. Akibatnya, jumlah transaksi yang dapat di blok terbatas juga. Transaksi biasa membutuhkan 400 byte, sehingga hanya 4 transaksi per detik (tps) yang dapat diproses. Sebagai perbandingan: Visa memproses sekitar 2.000 tps.

Argumen Yang Mendukung Dan Menolak Peningkatan Ukuran Blok

Terhadap peningkatan ukuran blok:

  • Blok yang lebih besar akan menghancurkan pasar dalam biaya transaksinya: jika ruang blok tidak langka, biaya transaksi untuk pasar tidak akan dibentuk. Dengan demikian, reward dalam blok mungkin berkurang pada akhirnya.
  • Persyaratan untuk node yang penuh akan meningkatkan: blok besar membutuhkan lebih banyak bandwidth yang mungkin akan membuat lebih sulit untuk menjalankan node penuh.

Untuk peningkatan ukuran blok:

  • Kapasitas yang terlalu rendah untuk menunjang jaringan pembayaran global: jumlah transaksi saat ini tidak cukup untuk mendukung jaringan pembayaran global. Transaksi akan menjadi lebih mahal dan blockchain hanya akan digunakan untuk tempat tinggal para pemain besar.
  • Ukuran blok yang lebih besar akan meningkatkan total biaya transaksi: tergantung dari para penambang untuk mengambil biaya yang kecil untuk setiap transaksi. Sehingga banyak transaksi dalam satu blok akan meningkatkan biaya transaksi total, yang akan menjadi manfaat bagi penambang pada akhirnya.

Sebuah gambaran yang lebih rinci tentang dukungan/penolakan argumen peningkatan ukuran blok dapat ditemukan di sini.

Marco Streng CEO and Co-Founder Genesis Mining menyatakan, “Genesis Mining telah diminta berkali-kali Tentang pandangan dari topik ini. Oleh karena itu, Genesis Mining percaya bahwa peningkatan batas ukuran blok tersebut adalah hal yang sangat penting dan Genesis Mining mendukung saran Gavin Andresen untuk meningkatkan ukuran blok menjadi 20 MB (atau menggunakan algoritma dinamis untuk menyesuaikan ukuran blok). Genesis Mining juga berpikir bahwa jaringan Bitcoin yang berkembang demi kepentingan terbaik dari pelanggan Genesis Mining, karena banyak transaksi pada akhirnya akan menghasilkan biaya yang lebih tinggi.”

Jun 2, 2015Fajar Himawan

Komentar

comments