*Artikel ini dimaksudan untuk merevisi artikel sebelumnya Peningkatan Harga Bitcoin Di Pengaruhi Oleh Bursa Di Cina

Grafik Pergerakan Harga Bitcoin (itbit.com)

Harga bitcoin telah mencapai harga penutupan tertinggi dalam setahun terakhir, yang diperdagangkan pada $ 436 dan naik pada waktu penulisan artikel ini, sesuai dengan Indeks Harga Bitcoin tradingview.com.

Bitcoin dengan menakjubkan telah memperoleh harga $ 115 atau 36% kenaikan selama dua minggu terakhir. Perlu beberapa langkah lagi harga bitcoin akan menyentuh $ 500 pada beberapa bursa perdagangan Bitcoin pada 4 November sebelum jatuh kembali di bawah $ 400 per Bitcoin.

Grafik diatas menjelaskan bahwa harga bitcoin dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun dengan adanya perputaran kuat yang disertai dengan volume perdagangan memecahkan rekor baru di beberapa bursa bitcoin. Pada 5 Desember 3.490.000 Bitcoin diperdagangkan di semua bursa yang tercantum oleh penyedia data Bitcoinity. Pada tanggal 26 November, sebanyak 2,86 juta koin yang diperdagangkan di bursa perdagangan Bitcoin.

Volume perdagangan tetap kuat sejak titik puncak harga dalam gambar grafik diatas terjadi, dengan volume perdagangan harian secara konsisten yang ditutup di atas level 2 juta BTC.

Tiga Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Bulan Desember

Renminbi China Telah Disetujui Sebagai Mata Uang Besar Dunia

Renminbi Cina telah disetujui oleh IMF menjadi bagian dari mata uang yang membentuk Special Drawing Rights (SDR). Agar yuan dapat dimasukkan dalam SDR tersebut, Cina telah membuat reformasi ekonomi dan meningkatkan transparansi Bank Sentral. Sebagai hasil dari reformasi ekonomi, dengan hal tersebut Cina telah membuat celah untuk bangkit dalam persaingan ketat melawan USD.

Karena yuan terdepresiasi terhadap USD, daya beli akan terus berkurang. Untuk mengurangi daya beli yuan China menambahkan kontrol modal yang mencegah mata uang tersebut pergi meninggalkan wilayah cina dan membuat bitcoin sebagai metode aset yang bergerak. Ini adalah tren yang akan terjadi hingga 2016 karena semakin banyak warga China yang terlihat memindahkan uang mereka dari mata uang yang terdepresiasi.

*Depresiasi (atau apresiasi) adalah perubahan nilai tukar mata uang satu terhadap mata uang lainnya karena mekanisme pasar.

Scaling Bitcoin Conference

Konferensi Scaling Bitcoin yang terakhir secara spontan meningkatkan harga bitcoin pada komunitas perdagangan melihat kurangnya kemajuan dalam mencapai konsensus tentang perdebatan ukuran blok. Sebaliknya, konferensi terbaru telah menarik ulasan positif. Laporan awal menunjukkan bahwa ada banyak diskusi yang konstruktif dan kolaboratif pada isu-isu kunci yang berdampak pada masa depan industri Bitcoin, termasuk ukuran blok. Hal ini tercermin dalam harga bitcoin yang masih menguji di level resistance jangka pendek di $ 400 dan dapat membantu kepercayaan diri pedagang untuk meningkatkan harga selama tiga minggu terakhir tahun ini.

Rapat Federal Reserve Pada Bulan Desember

Pada kasus ini akan ada kenaikan suku bunga. Hal ini akan menandai pertama kalinya bitcoin telah diperdagangkan tanpa adanya bunga. Akan datang kenaikan suku bunga yang bisa menciptakan volatilitas tinggi di antara aset spekulatif, komoditas dan USD. Dengan demikian, pedagang harus mempersiapkan diri untuk volatilitas yang terjadi di pasar bitcoin selama beberapa minggu mendatang.

Meskipun Bitcoin masih belum familiar di beberapa negara atau bahkan di larang dengan adanya kasus pengalihan dana para investor ke bitcoin, hal ini patut dijadikan sinyal bahwa bitcoin memang menjadi alternatif investasi dibandingkan dengan berbagai investasi lainnya. Dan hingga saat ini lembaga keuangan dan pemerintah pun mulai mempelajari dan menerapkan teknologi Blockchains sebagai teknologi pembayaran terbaru.

Apakah harga Bitcoin akan mengalami kenaikan lagi pada tahun depan? Berikan komentar Anda pada kolom dibawah!

Faktor – Faktor Pengaruh Peningkatan Harga Bitcoin

Dec 18, 2015Fajar Himawan

Komentar

comments