Dompet paling terkenal didunia Bitcoin dengan lebih dari 8 juta pengguna yaitu Blockchain.info kini sedang down.

Blockchain.info telah mengalami gangguan selama lebih dari empat jam. Web servernya melaporkan adanya kesalahan pada gateway nya, bersama sebuah pesan pada halaman situs, mengatakan:

“Nampaknya situs kami sedang mengalami gangguan. Kami sedang bekerja untuk memperbaikinya dan akan segera kembali.”

Baca juga: Google dan Mozilla Menjalankan “Privacy Shaming” Ke Para Penggunanya Untuk Menghindari  Koneksi Yang Tidak Aman

Sebuah tweet yang muncul dari layanan dompet tersebut telah mengatakan bahwa mereka melihat masalah dalam DNSnya. Dalam tweet lainnya, mereka juga mengatakan bahwa mereka membuat kemajuan dengan menyelesaikan masalah tersebut namun masih perlu beberapa jam untuk memulihkan layanannya seperti semula.

Karena banyak dari pengguna yang telah ditolak akses transaksinya, beberapa kritikan sudah mulai bermunculan mengenai apa yang terjadi di balik kerusakan yang secara tiba-tiba itu.

Menanggapi tweet Blockchain.info ini, para pengguna berharap bahwa dompet tidak terkena hack atau masalah pencurian dana.

@blockchain hope it has not been hacked

— Green Bitcoin (@greenpaybitcoin) October 12, 2016

@blockchain can you just tell us if we have lost it all or that our bitcoins are safe ?

— internettroll (@superduper420) October 12, 2016

@blockchain i hope i wont loose my BTC??

— Yung_PriNz (@boygalaxy) October 12, 2016

Sebuah posting di Reddit yang dibuat oleh seorang pengguna dompet yang mengaku telah menggunakan API dompet ini mengatakan bahwa Blockchain.info memiliki nama domain bajakan “Whois dan DNS records tiba-tiba berubah dari CloudFlare ke web host yang sangat murah.”

Postingan OP mengatakan bahwa host web berpindah ke host web cpanel yang murah (shared website):

“Hal ini benar-benar disengaja, mengubah nama server dengan selain CloudFlare ini bukanlah sebuah kecelakaan, hal itu tidak bisa terjadi dengan misclick atau seseorang yang memasukkan kode ke kotak yang salah. Jangan menggunakan situs web mereka sampai mereka sudah menjelaskan apa yang baru saja terjadi. Berdasarkan informasi lainnya yang saya miliki sekarang, Blockchain.info kini masih mengalami gangguan.”

Menurut data terbaru dari layanan dompet Blockchain, ada sekitar 8,8 juta pengguna yang sudah terdaftar pada platform tersebut. Tahun ini saja mereka telah menghasilkan jumlah tertinggi transaksi Bitcoin harian yang dikonfirmasi. Transaksi harian yang tertinggi dari 276, 448 pada Maret 2016 dan pada Oktober 9/10 2016 – transaksi mencapai 274, 486.

Sejauh ini, reaksi dari para pengguna masih belum memanas dan mereka hanya khawatir tentang keamanan dana Bitcoin mereka. Saya tidak dapat memastikan, tapi jika waktu downtimenya memanjang mungkin keadaan ini akan semakin buruk.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Gambar

Blockchain.info Down, Para Pengguna Tidak Memiliki Akses Menuju Dompetnya

Oct 13, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments