SBI Sumishin Net Bank Jepang telah mengumumkan akan mengembangkan proof-of-concept (POC) yang bertujuan untuk mengeksplorasi blockchain pada perbankan dengan Nomura Research Institute (NRI).

Sementara rincian tentang proyek tersebut masih belum diketahui dengan jelas, NRI mengatakan akan berusaha untuk “memeriksa skenario bisnis” dengan tujuan mempersiapkan prototipe untuk SBI Sumishin.

Dragonfly Fintech Pte, perusahaan blockchain yang didirikan oleh salah satu pengembang inti proyek dari Pergerakan Ekonomi Baru cryptocurrency, akan berfungsi sebagai penyedia proyek teknologi blockchain.

Didirikan pada tahun 2007, SBI Sumishin merupakan perusahaan hasil kerjasama antara Bank terbesar di Jepang, Sumitomo Mitsui Trust Bank, dan SBI Holdings. Pada 31 Maret, data perusahaan menunjukkan memiliki aset 2,31 juta rekening nasabah dengan saldo deposit ¥ 3.5tn (sekitar $ 29.3bn pada waktu pembuatan artikel).

SBI Sumishin secara khusus melayani kredit perumahan, yang menawarkan ¥ 2.2tn (sekitar $ 18.6bn) kredit perumahan selama tahun fiskal 2015, menurut laporan tahunan perusahaan pada tahun 2015.

Dalam pernyataannya, direktur senior manajemen NRI Minoru Yokote mengutip proyek tersebut sebagai contoh bagaimana suatu organisasi berusaha untuk merangkul teknologi keuangan yang terpusat.

“NRI berkomitmen untuk memeriksa tantangan teknis blockchain dan menyarankan beberapa solusi untuk menerapkan teknologi ini untuk industri perbankan.”

NRI mengumumkan akan mulai mencari sebuah kerjasama dengan pemain lama keuangan pada proyek-proyek blockchain pada bulan Oktober, namun pada saat itu mereka menolak menyebutkan setiap mitra potensialnya.

SBI Sumishin Jepang Membangun Perbankan Yang Bersistem Blockchain Proof-of-Concept

Dec 17, 2015Fajar Himawan

Komentar

comments