Harga Bitcoin diperdagangkan pada kisaran harga $ 410 – $ 420 selama seminggu ini antara 11 Maret sampai 18 Maret.

Gambar grafik dari Bitcoinwisdom.com

Pergerakan kenaikan harga secara tiba-tiba diberikan oleh eter, token dari kekuatan blockchain Ethereum yang mulai menyita perhatian para trader diseluruh dunia.

Eter yang telah menghasilkan visibilitas signifikan sebagai aset digital, mengalami kenaikan fluktuasi secara tajam selama beberapa minggu ini. Tujuan didirikannya eter adalah semata-mata hanya untuk menjalankan aplikasi pada blockchain Ethereum dan tidak memposisikan dirinya sebagai tempat penyimpan nilai.

Baca juga: Apakah Ada Perubahan Biaya Untuk Pengguna Blockchain.info

Ethereum baru-baru ini merilis Homestead, versi produksi pertama dari perangkat lunak, pada tanggal 14 Maret kemarin. Karena keberhasilan Ethereum dalam menarik perhatian, beberapa anggota komunitas perdagangan mata uang digital percaya bahwa ether mulai berfungsi sebagai tempat perlindungan nilai yang sangat menarik karena isu ketidakpastian diseputar bitcoin.

Komunitas bitcoin saat ini sedang bergulat dengan ketidakpastian yang disebabkan oleh isu-isu yang dirasakan tentang ukuran kapasitas proses, dengan beberapa alasan seperti protokolnya yang perlu ditingkatkan untuk mengakomodasi banyaknya pengguna dan lain sebagainya serta pengajuan peningkatan jaringan yang akan membangun stabilitasnya.

Di tengah situasi ini, Ethereum “muncul sebagai tempat perlindungan nilai yang kuat terhadap bitcoin,” kata ahli mata uang digital Joseph Lee. Lee, pendiri platform perdagangan bitcoin derivatif Magnr, menekankan bahwa pada awal bulan ini, banyak Bitcoin yang digunakan untuk “membeli eter untuk mendapatkan keuntungan dari keadaan saat ini.”

Stabilitas Bitcoin

Christopher Burniske, analis dan pemimpin blockchain produk di perusahaan manajemen investasi Ark Invest, misalnya, mencatat bahwa Ethereum memuncak di sekitar waktu rilis produknya, dan saat ini harganya mulai merangkak turun kembali sejak mengalami kenaikan tajam.

“Sekarang harga ether mulai menurun sekitar 40% dari puncak tertingginya yang telah dicapai beberapa hari yang lalu, dan masih jatuh, itu merupakan hal yang sangat menarik sementara bitcoin masih dalam posisi yang stabil.” Imbuhnya kepada salah satu media ternama Coindesk.

Sebelum mengalami penurunan hari ini, bitcoin memiliki minggu yang stabil, meningkat sekitar 1% dari $ 416,10 pada pukul 12:00 UTC tanggal 11 Maret sampai $ 418,32 pukul 12:00 UTC hari ini.

Sebaliknya, aset digital eter senilai $ 56.9m ditransaksikan selama 24 jam 12:00-23:59 pada tanggal 14 Maret , CoinMarketCap.

Volume perdagangan meningkat tajam pada bulan ini jika dibanding dengan bulan Februari, setelah mencapai volume $ 57.6m pada 6 Maret selama 24 jam dari 0:00-11:59.

Di antara volume perdagangan yang kuat ini, harga Ethereum mulai jatuh dari puncak tertingginya data mingguan dari CoinMarketCap menunjukkan 0.036 BTC pada pukul 20.00 UTC tanggal 13 Maret sampai keposisi terendah 0,021 BTC pukul 12.00 UTC pada tanggal 18 Maret.

Penurunan tersebut menggambarkan penurunan harga sebesar 41,7%.

Charles L. Bovaird II adalah seorang penulis keuangan dan konsultan dengan pengetahuan yang kuat dari pasar surat berharga dan konsep investasi.

Ikuti Twitter Charles Bovaird di sini.

Gambar Investor via Shutterstock

Harga Bitcoin Stabil Karena Dipengaruhi Oleh Volatilitas Ethereum Yang Lebih Menarik Bagi Para Trader

Mar 19, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments