Para ahli keuangan di seluruh dunia sangat prihatin dengan situasi keuangan di Cina. Pejabat negara mengungkapkan cadangan keuangan China yang mendekati US $ 3tn pada saat ini. Namun, PBOC melaporkan lebih dari aliran modal yang keluar sebanyak US $ 41 bn sudah mempengaruhi perekonomian China pada bulan Desember 2016.

Baca juga: Bitcoin Core Telah Merilis Software Versi Terbaru

Para ahli berspekulasi arus modal yang keluar dari Cina jauh lebih tinggi dari yang telah diproyeksikan. Menurut Goldman, outflow ini melonjak sebanyak US $ 69 bn pada bulan November 2016. Pada saat itu juga, PBOC melaporkan dana sekitar US $ 34 bn telah meninggalkan perekonomian China.

Selain itu, Goldman mengisyaratkan bagaimana penjualan FX oleh PBOC yang jauh lebih besar daripada bank. Antara bulan Agustus 2015 dan November 2016, FX outflow bertambah hingga US $ 1.1 tn. PBOC diperkirakan hanya berjumlah US $ 630 bn. Cina telah menguras cadangan FX dengan kecepatan yang mengkhawatirkan.

Laporan PBOC yang terbaru mengisyaratkan bahwa China jatuh sebanyak US $ 41.1 bn pada bulan Desember 2016. Hal ini secara efektif akan mengurangi cadangan negara di atas US $ 3 tn, tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Level ini dipandang sebagai “level support kunci.” Dan hal tersebut telah memicu PBOC untuk melikuidasi cadangan yang diharapkan dapat menstabilkan harga Yuan. Sayangnya, upaya itu sia-sia saja.

Jika hal ini masih berlanjut, mungkin cadangan negara akan jauh di bawah US $ 3 tn sekarang. Kita mungkin tidak pernah tahu cadangan sebenarnya yang dipegang oleh PBOC, namun apakah aman jika kita mengasumsikan Yuan akan terus kehilangan nilainya. Atau apakah, mungkin bisa menjadi salah satu mata uang yang paling stabil di tahun 2017 ini?

Hal ini akan menarik untuk disaksikan bersama, apakah berita ini dapat mempengaruhi situasi Bitcoin di Cina. Mengingat bahwa negara ini sudah cukup mendominasi perdagangan Bitcoin dan menentukan harga bitcoin, gejolak keuangan disana cukup mampu mendorong peralihan untuk berpindah ke cryptocurrency. Jika China tidak memegang cadangan yang cukup untuk menahan pelemahan mata uangnya, mungkin akan berakibat jelek bagi perekonomian China. Dengan informasi yang benar-benar diselimuti misteri ini, banyak spekulasi yang akan terjadi selama beberapa bulan mendatang. Jadi siap-siap aja ya….

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Apa Dampak Yang Akan Timbul Pada Bitcoin Jika Cadangan Keuangan China Merosot

Jan 9, 2017Fajar Himawan

Komentar

comments