Rusia sekarang memiliki layanan untuk membayar tagihan internet dan telepon mereka menggunakan bitcoin melalui Cryptonator dan layanan 7pay.in.

Megafon, MTS, Beeline, Tele2 dan operator seluler Rusia lainnya sekarang memiliki layanan pembayaran bitcoin melalui dua layanan online. Pertama, Cryptonator merupakan platform pembayaran yang menerima pembayaran online untuk game seperti World of Tanks, Perfect World dan lain-lain. Sistem ini tidak menerima pembayaran BTC untuk tagihan internet dan telepon secara langsung, tetapi harus mengkonversi nilai bitcoin ke rubel terlebih dahulu. Menurut Cryptonator, Keuntungan utama dalam menggunakan layanan ini adalah tidak dikenakan biaya tambahan saat melakukan pembayaran tagihan.

Perusahaan kedua yang menawarkan opsi pembayaran tagihan menggunakan bitcoin adalah 7pay.in. Hal ini memudahkan klien untuk bertukar bitcoin dan membayar tagihan internet dan telepon selular. Perusahaan tersebut menawarkan sistem keamanan tambahan dan transparasi layanan mengenai proses operasi yang disediakan pada situs 7pay.in.

Mengingat pengajuan RUU larangan bitcoin ke Duma (DPR Rusia), masa depan semua layanan yang terkait dengan bitcoin di Rusia terlihat tidak pasti dan hampir punah. Menurut para ahli, ada resiko yang muncul dan layanan ini dapat dihentikan oleh pemerintah. Menurut Vladimir Dubinin, COO di Distributed Lab, seperti dikutip dari CoinTelegraph, platform tersebut dapat menarik perhatian regulator, layanan mereka menjadi populer dengan banyaknya pengguna.

“Regulator akan menjatuhkan sanksi kepada pendiri hanya jika produk mereka menjadi benar-benar berkembang dan mempunyai pelanggan yang signifikan di pasar. Dan kepopuleran yang berlebih atas layanan ini dapat menyebabkan sanksi ketat.”

Selain itu, para ahli lainnya berkomentar bahwa layanan terkait bitcoin tidak menggunakan mata uang virtual itu sendiri. Bahkan, mereka hanya mengkonversi nilai bitcoin ke rubel dan menyelesaikan pembayaran dalam mata uang nasional Rusia. Akibatnya, tidak ada alasan bagi pemerintah untuk melarang mereka.

Gambar

Operator Selular Di Rusia Mengaktifkan Pembayaran BTC

Feb 8, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments