Pertukaran Bitcoin di Inggris akan segera diatur oleh pemerintah, sebuah laporan yang dirilis bersamaan dengan Menteri Keuangan Britania Raya George Osborne 2015. Pemerintah juga berniat untuk menerapkan peraturan anti pencucian uang untuk Bitcoin dan cryptocurrencies lainnya, dalam upaya untuk pemeriksaan munculnya mata uang digital yang membantu kegiatan kriminal yang didukung inovasi dan pertumbuhan teknologi revolusioner.

Laporan yang dirilis oleh HM Treasury dan Andrea Leadsom MP mengungkapkan bahwa pemerintah akan meluncurkan konsultasi formal dalam sesi Parlemen berikutnya, yang akan diadakan tahun ini, dan akan membicarakan dengan industri mata uang digital pada berbagai isu penting, termasuk pelaksanaan yang efektif dari usulan peraturan dan bagaimana lembaga penegak hukum dapat lebih mudah mengidentifikasi dan mengekang kegiatan kriminal.

HM Treasury telah menerima lebih dari 120 tanggapan terhadap panggilan untuk informasi tentang mata uang digital.

Pemerintah juga akan bekerja sama dengan British Standards Institution dan industri cryptocurrency untuk mengembangkan “praktik terbaik” standar untuk perlindungan konsumen. Ini merupakan salah satu bangunan yang bergerak mewakili pemerintah akan industri Bitcoin terus diganggu oleh pencurian, penipuan, dan serangan.

Kanselir George Osborne selalu menjadi pendukung kuat revolusi FinTech. Pada bulan Agustus tahun lalu, ia memberikan pidato yang komprehensif tentang mata uang digital dan teknologi keuangan terkait. Dia kemudian membandingkan inovasi cryptocurrency dengan uang kertas yang sepenuhnya berubah dari sistem perdagangan beberapa ratus tahun yang lalu.

Pada bulan Februari, Bank of England telah menunjukkan minat yang kuat dalam teknologi blockchain – teknologi di belakang Bitcoin – dan menimbang pro dan kontra dari sistem keuangan dalam mata uang digital. Bank juga meneliti dampak potensial dari cryptocurrencies.

Transaksi Bitcoin terjadi antara pengirim dan penerima, tanpa perlu verifikasi pihak ketiga dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Teknologi ini memfasilitasi transaksi internasional yang handal dengan biaya yang sangat rendah, dan dalam hitungan detik. Bank of England tampak sangat terkesan dengan aspek teknologi.

Tom Robinson, anggota UK Digital Currency Association mengatakan, “Pengumuman tersebut penting dalam hal membawa Bitcoin dan teknologi rantai blok lain ke adopsi mainstream.” Langkah ini juga diharapkan dapat mendorong pemerintah lainnya dalam bergerak cepat dengan rencana mereka untuk mata uang digital.

Ekosistem Bitcoin sudah mempertahankan diri sampai sekarang, tetapi dengan dukungan pemerintah, investor tidak akan kehilangan uang karena serangan cyber kedepannya.

Mar 19, 2015Fajar Himawan

Komentar

comments