Sebuah laporan yang disusun oleh lembaga penegak hukum Uni Eropa Europol telah menemukan bahwa tidak ada bukti untuk mendukung laporan yang menghubungkan Negara Islam (IS) dengan penggunaan bitcoin atau mata uang digital lainnya.

Dirilis pada 18 Januari, laporan tersebut adalah produk dari review yang diselenggarakan oleh negara-negara anggota Uni Eropa dan Europol setelah terjadinya serangan terorisme 13 November di Paris. Termasuk temuan bahwa tidak ada perubahan yang terbaru dalam bagaimana IS telah berusaha untuk membiayai operasinya.

“Tidak ada bukti tentang pembiayaan jaringan IS yang ada. Meskipun pelaporan pihak ketiga menyarankan penggunaan mata uang anonim seperti bitcoin oleh teroris untuk membiayai kegiatan mereka, hal ini belum dikonfirmasi oleh penegak hukum tentang adanya penggunaan bitcoin sebagai sarana pembiayaan serangan teroris.“

Khususnya, bitcoin adalah satu-satunya metode pembayaran yang disebutkan dalam bagian dugaan Europol pada pendanaan teroris.

Publikasi tersebut mengikuti sebuah laporan pada 17 November bahwa Komisi Eropa, badan eksekutif Uni Eropa, berusaha untuk mengadakan pertemuan untuk memeriksa apakah teroris menyalahgunakan teknologi pembayaran yang baru untuk kegiatan operasi terornya.

Kabar yang dihasilkan, ditambah dengan cakupan yang diterima oleh kelompok yang mengaku telah mengidentifikasi sebuah dompet bitcoin IS, melahirkan banyak kebingungan liputan media pada sebuah subjek di akhir tahun lalu.

Berita-berita tersebut muncul bahkan sebagai anggota dari US regulatory agencies seperti Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN) berusaha untuk menghilangkan prasangka buruk tersebut.

Islam itu indah, jadi kalau ada aksi terror mana mungkin islam akan membiayai atau mendukung. Wajar saja kalau Europol sampai mengeluarkan pernyataan bahwa Negara Islam tidak terbukti membiayai aksi teror. Islam menentang keras aksi teror!!! itu yang perlu di ingat.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat laporan lengkap di bawah ini:

Europol: No Evidence Linking Islamic State to Bitcoin

Europol: Tidak Ada bukti Yang Dikonfirmasi Terkait Negara Islam Dengan Bitcoin

Jan 29, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments