Platform pembayaran digital Bitcoin mulai muncul pada tahun 2008 sebagai cryptocurrency yang aman, dan telah berkembang menjadi sistem pertukaran digital yang sangat berharga. Bitcoin dapat ‘ditambang’ oleh siapa saja dengan komputer yang cocok menurut spesifikasi yang dapat menggunakan kekuatan pemrosesan mesin komputer mereka untuk menangani transaksi dan mengambil Bitcoin mereka sendiri. Koin tersebut dapat disimpan dalam dompet Bitcoin digital dan dijamin dengan kunci pribadi penggunanya. Koin digital dapat diperdagangkan dan dijual dengan aman secara online, dengan lebih dari 100.000 pedagang global yang menerima metode pembayaran ini.

Baca juga: YoCoin Bertransformasi Menjadi Ethereum Yang Berbasis Cryptocurrency Asset Dengan Aplikasi Smart Kontrak

Nilai Bitcoin

Karena bitcoin mempunyai batas produksi, yang hanya akan ada maksimal 21 juta Bitcoin yang akan beredar dan ini memungkinkan mereka untuk mempertahankan nilai riilnya dan menjaga diri mereka sendiri sebagai mata uang yang sah. Pada saat penulisan artikel ini, satu Bitcoin bernilai sekitar £ 440,51 di Inggris dan $ 575,88 di Amerika Serikat. Nilai mata uang ini berfluktuasi sepanjang hari dan jam bahkan detik, seperti halnya dengan sistem ekonomi internasional. Kembali di bulan Juni pada tahun ini, harga bitcoin mencapai nilai tinggi di sepanjang masa pada $ 719,85 (£ 550,82), namun kini telah jatuh kembali secara perlahan-lahan dan masih stabil di sekitar £ 450.

Industri teknologi yang ternama pun kini mulai beralih ke Bitcoin, termasuk platform media sosial Reddit dan platform konten WordPress. Ritel global seperti Subway, Kmart dan Sears, semuanya telah menandatangani pembelian Bitcoin.

Risiko Dan Tantangan Yang Diciptakan Oleh Bitcoin

Apakah Bitcoin termasuk kedalam investasi yang aman untuk masa depan? Mungkin tidak. Namun, itu masih bisa dibilang layak lah walaupun mengandung risiko. Tidak ada jaminan bagi Bitcoin – bitcoin adalah mata uang yang tidak diatur, yang berarti pertanggungan tersebut sulit untuk mengamankan dan itu belum tentu diakui oleh negara-negara Anda.

Namun, ada juga keuntungan besar yang akan dibuat jika investor bersedia untuk mengambil risiko. Sifat Bitcoin yang sangat menonjol yaitu mengenai nilainya yang sering berfluktuasi. Nilai tertinggi baru-baru ini lebih dari $ 700 yang menjadi sebuah kesempatan bagus untuk menjual saham Bitcoin, dan jika mata uang ini terkenal dan banyak dibicarakan maka nilai investasinya pun dapat meningkatkan secara dramatis.

Bitcoin Bergerak Kedepan

Tantangan yang saat ini dihadapi oleh para pengguna adalah waktu yang dibutuhkan untuk proses pembayaran – antara 40 menit sampai beberapa hari. Ahli teknologi percaya bahwa Bitcoin dapat mempercepat proses ini dengan membuat ‘blok’ mata uang – segmen pengolahan data yang menciptakan Bitcoin dan mencatat transaksi mereka yang jauh lebih besar.

Bitcoin masih berusia tujuh tahun, dan mungkin keinginan besar Bitcoin tidak akan terlaksana dalam waktu dekat ini. Pertumbuhan aplikasi dan program-program seperti 21 Bitcoin Computer telah memungkinkan pengembang untuk bermain-main dengan teknologi pertambangan, dan menemukan cara untuk mempertajam proses. Di masa depan nanti, mungkin pertambangan bitcoin bisa berlangsung pada skala yang lebih kecil melalui perangkat mobile, serta secara lebih besar di bawah manajemen perusahaan. Para peneliti di VoucherBin menemukan bahwa 63% dari pembeli tertarik menggunakan Bitcoin – namun hanya 11% yang sudah melakukannya. Hal ini juga akan memerlukan lebih banyak informasi yang dibutuhkan konsumen tentang cara kerjanya.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Apa Saja Sih Masa Depan Bitcoin?

Sep 2, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments