Ada apa sih, mengapa Bank Sentral Nigeria mengeluarkan peringatan kepada lembaga keuangan di negaranya, termasuk bank, dari transaksi mata uang digital dan melarang mereka untuk memegang/menyimpan cadangan mata uang digital ini?

Apakah Nigeria melarang bitcoin? Bank Sentral Nigeria (CBN) kini baru saja mengeluarkan edaran kepada bank-bank disana untuk lebih waspada pada transaksi mata uang digital. Edaran tersebut ditulis oleh Kevin Amugo, Direktur Kebijakan Keuangan dan Peraturan Bank, badan otoritas pengawas melihat risiko yang melekat pada transaksi mata uang digital, seperti potensi penyalahgunaan terhadap pencucian uang dan pendanaan terorisme. Hal itulah yang mendorong Nigeria bertindak agresif terhadap mata uang digital akhir-akhir ini.

Baca juga: Status.im, Merilis Sebuah Client Ponsel Ethereum Alpha

Pejabat bank sentral tersebut juga menyinggung keras mengenai perdagangan mata uang digital di bursa pertukaran “yang belum diatur, di seluruh dunia.” dikutip dari sebuah laporan publikasi terkemuka di daerah tersebut Premium Times.

Mereka menyorot mata uang digital terpopuler seperti Bitcoin, Ripple, Monero, litecoin, dogecoin dan salah satu koin yang terkenal akan skema MLM nya yaitu Onecoin.

Peringatan ≠ Ban/Pelarangan

Bank sentral juga menyarankan bank untuk tidak menggunakan, memegang atau bertransaksi dalam bentuk mata uang digital. Kewenangan ini juga mendorong berbagai bank disana untuk memastikan bahwa rekening bank yang terhubung dengan pertukaran mata uang digital menaati peraturan anti pencucian uang (AML) dan kontrol pencegahan pendanaan terorisme (PPT).

Jika terindikasi ada sebuah transaksi mencurigakan, bank sentral menekankan lembaga keuangan untuk memutuskan hubungan mereka dengan pertukaran mata uang digital tertentu dan/atau memblokir akun pengguna. Otoritas tersebut juga menuntut bahwa semua transaksi yang mencurigakan akan dilaporkan ke Unit Intelijen Keuangan Nigeria, badan pengawas akan mengawasi sistem keuangan Nigeria secara ketat.

Apakah ini hanya langkah panik Dalam menghadapi skema ponzi MLM?

Peringatan dari Bank Sentral Nigeria juga menyinggung regulator pasar modal negara, Komisi Sekuritas dan Bursa, mengeluarkan peringatan sendiri terhadap investasi pada cryptocurrencies, termasuk Bitcoin.

Pengamat disana juga menduga, apakah kemungkinan bahwa peringatan yang muncul dari negara tersebut dikarenakan adanya skema MMM yang sudah merajalela di Nigeria, skema Ponzi multi-level-marketing, yang menyalah gunakan Bitcoin di negara tersebut dalam bentuk pembayaran. Beberapa perkiraan ini menunjukkan setidaknya ada 3 juta rekening di Nigeria yang di bekukan pada bulan Desember lalu. Jumlah tersebut merupakan indikator penting dari popularitas skema MLM di negara itu, cukup untuk menjamin peringatan resmi oleh otoritas pemerintah yang berdampak buruk pada bitcoin dan mata uang digital lainnya yang sangat disayangkan karena ulah skema ponzi yang sudah mendarah daging di sana.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Nigeria Memperingatkan Bank Dari Bitcoin, Ripple, Monero, litecoin, dogecoin & Onecoin

Jan 19, 2017Fajar Himawan

Komentar

comments