Keindahan Bitcoin merupakan sesuatu yang imajinatif. Uang digital tidak berwujud, untuk berinteraksi dengannya kita harus menggunakan minus kode dan interface. Selama beberapa tahun terakhir, beberapa orang telah mencoba untuk menangkap esensi dari Bitcoin dalam bentuk token fisik. Hari ini, kita akan melihat tiga alternatif Bitcoin fisik dan melihat bagaimana kreasi ini mengubah mata uang digital menjadi bentuk seni yang indah.

Baca juga: Proyek Ethereum Blockchain Meluncurkan Rilis Produksi Pertama 

Koin Casascius

Yang sudah sangat terkenal Bitcoin fisik Casascius yang sudah ada dalam waktu yang cukup lama, dan versi yang lebih tua mempunyai harga yang tinggi. Penggila mata uang digital Mike Caldwell, yang akrab disapa “Casascius,” menciptakan koin pertama kali pada tahun 2011. Koin-koin fisik tersebut mempunyai hologram peelable yang memperlihatkan kunci pribadi mereka. Ketika diangkat, ia meninggalkan pola tamper- evident. Ketika ditukarkan, item tersebut akan kehilangan nilai digitalnya.

Casascius koin awalnya dibuat dengan memasukkan BTC yang disimpan pada setiap koin. Namun pada bulan November 2013, penciptanya berhenti menjual barang yang mengandung Bitcoin digital. Sebelum Thanksgiving tahun itu, Caldwell telah diminta untuk menghentikan operasi penjualannya oleh Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN). Karya Caldwell dianggap sebagai uang transmitter dan peraturan untuk kegiatan ini tidak memperbolehkan hal tersebut. Koin Casascius baru dijual kembali setelah koin-koinnya ini tidak mengandung mata uang digital lagi, namun versi yang lebih tua dengan adanya Bitcoin di setiap koinnya masih dapat ditemukan di eBay.

Koin Denarium

Bitcoin fisik lain yang tersedia di pasaran adalah koin Denarium dari Finlandia. Dalam sebuah website resminya mereka mengatakan bahwa produk Denarium terbuat dari kuningan berkualitas yang diproduksi di wilayah tersebut, dan fokus utama perusahaan adalah ” harga yang terjangkau”. Bisnis tersebut dibuat oleh Henry Brade Co-founder dan CEO Denarium.

Koin ini juga mengandung hologram tamper-resistant, yang diproduksi di Kanada. Hologram tersebut menyimpan kunci pribadi secara aman dan melindungi mereka dari sistem yang memanipulasi. Pelanggan dapat memilih antara dua jenis varian koin, E-series (kosong) dan L-series (berisi). Pembeli koin L-series masih bisa mengisi mata uang digital lebih banyak ke dalam koin fisik tersebut. situs web Denarium menyatakan:

“Bosan membayar mahal untuk mendapatkan Bitcoin Physical? Sekarang tidak lagi. Kekuatan kunci Denarium Bitcoin adalah harganya yang terjangkau. Koin kami diibaratkan sebagai hadiah yang murah bagi semua orang dan dapat diberikan kepada teman-teman maupun keluarga mereka.”

Koin Satori

“Value does not exist outside the consciousness of man.”

Raimu Inc. telah menciptakan versi baru dari token yang disebut koin Satori. Koin tersebut menyerupai chip poker dengan desain berwarna-warni dan juga mengandung sejumlah Bitcoin didalamnya. Perusahaan Jepang percaya uang virtual adalah “mengubah hidup”, dan Satori dalam istilah Jepang-kebangkitan Buddha. Beberapa Satori Coin koin didesain dengan berisi ungkapan-ungkapan seperti Carl Menger ini “Nilai tidak berada diluar kesadaran manusia.”

Setiap koin yang dicetak mengandung 0,001 BTC, koin tersebut juga memiliki segel liftable yang menyimpan kode QR di bawah pola segi enam konsentris. Raimu berharap koin fisik Satori akan menjadi populer di Jepang dan mereka juga berencana untuk menjual token diluar Jepang. Pendiri Satori Coin Motonori Kan baru-baru ini mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa bentuk-bentuk fisik dari mata uang digital dapat bermanfaat untuk memahami mata uang digital.

Sumber: Bitcoin.com

Top 3 Physical Bitcoin Kolektibilitas Token

Mar 15, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments