Generasi blockchain Platform Ethereum telah merilis ‘Homestead’ rilis produksi pertamanya dari perangkat lunak, yang diterapkan di blok 1.150.000 hari ini.

Pengenalan Frontier, rilis perdana Ethereum, yang dirilis untuk para pengembang pada bulan Juli 2015. Platform publik, yang menarik minat lembaga keuangan besar.

Baca Juga: Apa Ide Besar Dibalik Ethereum Bagi Dunia Komputer?

Sebagai contoh, versi privat dari jaringan Ethereum berfungsi sebagai platform untuk uji coba pertama yang dilakukan oleh blockchain konsorsium startup R3CEV pada bulan Januari, dengan percobaan untuk menyatukan 11 bank-bank besar high-profil pada proof-of-concept.

Andrew Keys, co-founder dari perusahaan ConsenSys Enterprise pengembangan aplikasi desentralisasi, menjelaskan bahwa Frontier hanya mempunyai keunggulan pada interface baris perintah, namun dengan adanya Homestead kemudahan dalam melakukan perluasan para pengguna akan dapat membangun platform, mereka juga akan mampu membangun proof-of-concept dan produk minimum yang layak.

Keys mengatakan:

“Munculnya Homestead akan mulai menunjukkan keunggulan dari generasi penerus teknologi blockchain, berawal dari apa yang telah kita impikan, sekarang kita dapat mencapainya dengan cara yang terdesentralisasi menggunakan Ethereum.”

Di sisi lain, anggota pertama dari platform berusaha menekankan benchmark terbaru yang mereka percaya sebagai titik keberhasilan proyek tersebut.

“Kami telah melihat Microsoft dan IBM melakukan proyek di Ethereum. Ada banyak pemrogram.” Anthony Di Iorio, salah satu pendiri Ethereum dan Chief Digital Officer di Toronto Stock Exchange, mengatakan dalam sebuah wawancara.

Dalam sebuah Hangout Google yang diselenggarakan oleh anggota komunitas Ethereum, terdapat perayaan perangkat lunak yang sedang dilakukan sekitar pukul 18:50 UTC.

Pertumbuhan Ethereum

Diumumkan pada Januari 2014 oleh penemunya dan pemimpin proyek Vitalik Buterin, Ethereum mengangkat sejumlah dana sebesar $ 18m di crowdsale dari token yang akhir-akhir ini sangat membantu sebagai kekuatan platform.

Keberhasilan dengan usaha crowdfundingnya, menjadi sangat kontroversial, dan dengan cepat mendapat perhatian dari The Wall Street Journal dan media publikasi keuangan utama lainnya.

“Anda harus melihat pertumbuhan jaringan Ethereum melalui pertumbuhan node, menempati 5.100 dibandingkan dengan bitcoin yang berada di sekitar 6.000. Hal itu cukup signifikan dan menunjukkan stabilitas dan sifat global dari jaringan Ethereum,” jelas William Mougayar, penasihat khusus Ethereum Foundation, non-profit yang mendukung perkembangannya.

Mougayar menyatakan bahwa Ethereum kini memproses sekitar 25.000 transaksi per hari, atau sekitar 10% dari jumlah yang saat ini didukung oleh jaringan bitcoin.

Sejak awal Februari, Ethereum juga telah memperlihatkan pertumbuhan yang kuat pada nilai koin/tokennya. Valuasi eter telah meningkat menjadi lebih dari $ 1 miliar, hampir lima kali lipat dalam pertumbuhannya per tahun, meskipun sebagian banyak dari jumlah ini didorong oleh kegunaan sebagai lawan spekulasi, hal ini masih belum jelas.

Sementara Ethereum telah memperlihatkan kenaikan yang signifikan. Bursa pertukaran yang paling populer yang memperjual belikan ETH adalah Poloniex, Kraken dan Shapeshift, dan yang terbaru adalah Bitfinex.

“Kami melihat minat besar dari bursa cryptocurrency. Kita dapat mengharapkan bursa AS dan pertukaran asing menambahkan eter dalam bursa perdagangan mereka,” kata Keys.

Upgrade Hard Fork

Peluncuran Homestead bertujuan juga untuk upgrade, karena Ethereum mulai menjalani Hard Fork, perubahan mendasar dalam protokol yang membuat versi tidak kompatibel.

Keputusan untuk menerapkan lewat Hard Fork muncul pada saat komunitas bitcoin telah terjerat dalam sebuah perdebatan selama berbulan-bulan sebagai solusi dari bagaimana caranya agar jaringan dapat ditingkatkan dengan cara yang sama.

Dengan demikian, pemangku kepentingan Ethereum berusaha untuk menyoroti pilihan ini berbeda dengan Bitcoin.

“Menariknya, dibandingkan dengan masalah tata kelola komunitas bitcoin, komunitas Ethereum telah mendukung perubahan dan mencapai konsensus dengan upgrade ke Homestead,” kata Keys.

Dalam sebuah FAQ yang dipublikasikan di platform oleh komunitas Reddit yang semakin meningkat, Taylor Gerring, direktur teknologi di Proyek Ethereum, menekankan isu potensi pengguna mungkin akan di alami dalam proses peralihan.

Dia menambahkan jika upgrade tersebut tidak dilakukan, token pengguna akan tersimpan aman selama mereka milik kunci pribadi mereka, tetapi mereka tidak akan mampu untuk tersambung kembali ke jaringan sampai mereka meng-upgrade perangkat lunak mereka.

Di komunitas bitcoin, masih ada perdebatan yang terus menerus terjadi tentang cara untuk mencapai Hard Fork, dua tim pengembangan bersaing mengejar strategi alternatif.

Tim Bitcoin klasik, misalnya, telah menganjurkan untuk 75% dari validasi transaksi bitcoin untuk menyetujui langkah tersebut, sebuah keputusan yang akan diikuti dengan masa tenggang selama 28 hari. Di sisi lain, tim Bitcoin Inti, tim jaringan pengembang terlama, berpendapat bahwa hard fork harus dilakukan dengan sangat lambat, dengan alasan kode yang akan diserahkan pada tahun ini tidak akan berlaku sampai Juli 2017.

Perbaikan Teknologi

Pengembang Ethereum berpendapat tentang peningkatan versi ini, sekarang akan mempermudah jaringan untuk menjadi kompetitif di antara software blockchain privat dan publik. Pada tingkat yang lebih spesifik, Homestead Ethereum akan memperkenalkan tiga Proposal Ethereum Improvement (EIPs) sebagai bagian dari upgrade: EIP-2, EIP-7, dan EIP-8.

Perubahan besar lainnya yang ia bahas adalah pengenalan kode baru pada kekuatan/Soliditas, bahasa yang digunakan untuk mengkompilasi Ethereum Virtual Machine, bagian dari protokol yang menangani keadaan internal jaringan.

Bersamaan dengan upgrade protokol, para pengembang memperkenalkan produk dompet yang disebut Mist, yang akan memudahkan pengguna untuk menulis dan menyebarkan smart kontrak selain melayani sebagai tempat untuk menyimpan eter.

Keys menjelaskan bahwa ada beberapa aplikasi yang dia nantikan saat Homestead keluar adalah prediksi pasar, platform musik desentralisasi, kustodian emas/gold custodian dan asset tracking system, serta cara mudah bagi pengguna untuk mengkonversi bitcoin ke Ether.

Gambar Ethereum

Proyek Ethereum Blockchain Meluncurkan Rilis Produksi Pertama

Mar 15, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments