Seseorang yang mengaku sebagai Satoshi Nakamoto membantah bahwa dia adalah Craig Wright dari Australia yang di posting ke bitcoin-dev mailing list.

Email tersebut dari satoshi@vistomail.com, yang secara luas dikaitkan dengan Satoshi. Pesan itu berbunyi:

“Saya bukan Craig Wright. Kita semua adalah Satoshi.”

Namun, pesan tersebut tidak dikonfirmasi dan belum jelas apakah alamat itu dimanipulasi atau di hack(bajak). Email Satoshi diduga diretas pada bulan September lalu.

Analisis data kunci PGP oleh developer Bitcoin core Greg Maxwell dan Motherboard meragukan tentang klaim bahwa Craig Wright adalah pencipta Bitcoin.

Wired dan Gizmodo diterbitkan pada 8 Desember yang mengklaim bahwa identitas Satoshi itu telah ditemukan: pencipta bitcoin itu adalah warga Australia Craig Wright. Cerita tersebut menyebutkan beberapa kunci publik PGP yang seharusnya dibuat dan dikendalikan oleh Satoshi.

Tapi analisis metadata kunci oleh Maxwell mengungkapkan inkonsistensi bermasalah jika dibandingkan dengan data dari kunci publik satunya yang diketahui berada di bawah kendali Satoshi ini.

Kunci yang direferensikan oleh Wired dan Gizmodo menggunakan suite cipher yang berbeda dari kunci Satoshi ini. Cipher suite ini juga dirilis pada tahun 2009, atau sekitar satu tahun setelah kunci yang seharusnya dibuat.

Maxwell memposting analisisnya pada r/bitcoin dan menyebutkan:

“Memang mengejutkan bahwa mereka berbeda sekali, mengingat mereka yang mengklaim waktu generated (pembuatan) kurang dari sehari secara terpisah.”

Maxwell juga mengatakan bahwa Motherboard memiliki chat log di mana ia membahas kunci ‘palsu’ Satoshi dengan orang lain. Kunci yang disebutkan oleh Wired dan Gizmodo tidak pernah direferensikan pada waktu itu, mungkin karena mereka tidak mempunyai maka, ia berteori.

Motherboard juga menganalisis kunci tersebut, menunjukkan bahwa mereka bisa dengan mudah telah menemukan tanggal untuk menunjukkan kunci yang diciptakan pada tahun 2008. Tanggal pembuatan Kunci dapat dimanipulasi dengan mengubah tanggal dan waktu dari mesin itu dibuat.

Selain itu, kunci dapat dibuat yang terkait dengan alamat email pengguna yang tidak bisa/pernah mengontrol kunci tersebut. Wartawan Motherboard menunjukkan penciptaan kunci dihitung sejak alamat email tidak di bawah kendali mereka.

Keberadaan Wright saat ini tidak diketahui. Polisi Australia menggerebek rumahnya dan kantor beberapa jam setelah artikel Wired dan Gizmodo diterbitkan.

Sumber

‘Satoshi’ Bantah Bahwa Dia Wright

Dec 10, 2015Fajar Himawan

Komentar

comments