Setelah satu tahun setengah perdebatan tanpa kompromi itu tercapai, pendukung on-chain scaling telah memutuskan untuk secara sepihak melakukan hard fork.

Sebuah subreddit yang baru, r/btcfork, telah diumumkan hari ini, dengan cepat mendapatkan perhatian dan momentum dengan berbagai rangkaian/thread yang diterbitkan dalam beberapa jam kemudian setelah pengumuman itu dibuat dan banyak dari para bitcoiner yang bergabung dalam perdebatan tersebut.

Baca juga: BOUNTY DECENT SALE DIMULAI PADA TANGGAL 1 AGUSTUS. BERGABUNGLAH DAN DAPATKAN HADIAH ANDA!

Masih belum jelas kapan klien ini akan diluncurkan. Para pengembangnya tidak diketahui secara umum, kecuali dengan menggunakan nickname. Freetrader, salah satu pengembang, yang kini bergabung dengan coders lain secara grassroots, menyatakan bahwa ia tidak bisa memberikan perkiraan waktu ketika klien itu akan diluncurkan, namun kita terus berharap dalam beberapa minggu mendatang.

Hal ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Apakah hanya dengan melakukan fork bisa menjaga para penambang saat ini, atau memberhentikan mereka semua dalam proof of work fork. Hal ini memberikan ruang bagi para penambang untuk mempengaruhi keputusan dalam beberapa hari ke depan, namun kedua pilihan ini memiliki risiko yang sepadan. Kita berharap salah satu pilihan akan menjadi jalan keluar bersama, namun pilihan yang dominan tampaknya memberikan dua klien, satunya dengan perubahan proof of work dan satunya lagi tanpa dan meninggalkan keputusan untuk pasar bebas, artinya, akan ada tiga koin, Bitcoin core, Bitcoin Original, dan Bitcoin Evolved.

Kode tersebut belum dirilis, oleh karena itu belum ada keputusan yang dibuat, mungkin keputusan ini memerlukan support besar dalam ekosistem ketika bitcoin menunjukkan kekuatan tak terbendungnya secara penuh untuk alam/dunia desentralisasi.

Fork mungkin sekali mengalami resistensi, namun, semua pengguna bitcoin yang sekarang akan mempunyai koin di kedua rantai dan sifat desentralisasi bitcoin membuat fork seperti tidak mungkin untuk berhenti selama siapa pun dapat melakukan fork chain di manapun pada waktu kapanpun. Selain itu, dukungan untuk visi Nakamoto sangat mengakar diseluruh komunitas, dengan kedua pendukung bitcoin core dan on-chain scaling cenderung membuat keputusan untuk menyerahkan ke pasar bebas dan dengan demikian hal ini akan mengakhiri perdebatan panjang yang telah terjadi selama 8 tahun ini.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Gambar via byzantium

Bitcoin Akan Hard Fork?

Aug 3, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments