Gejolak keuangan mendatangkan malapetaka di seluruh dunia, meninggalkan berbagai masalah di sebuah negara tanpa adanya solusi penyelesaian agar terlepas dari gejolak tersebut. Salah satu negara yang tidak dibebani oleh masalah tersebut adalah India. Harga minyak yang rendah dan meningkatnya minat di pasar saham India melukiskan gambaran yang menarik tentang bagaimana negara ini sedang bersiap-siap untuk melakukan sebuah revolusi keuangan.

Baca juga: PayPal Memblokir Iklan Bitcoin Parodi Super Bowl

Mengapa India

Hal ini mungkin terdengar agak aneh, akan tetapi India adalah salah satu dari beberapa negara yang sedang mengalami pertumbuhan ekonomi. Meskipun baru pasar saham lokal yang mengalami peningkatan dalam beberapa pekan terakhir, namun dengan adanya percikan kecil tersebut saya rasa itu merupakan hal yang positif. India mempunyai pertumbuhan ekonomi yang paling cepat dunia, dengan pertumbuhan GDP 7% per tahun.

Namun, penting untuk diingat bahwa India memiliki sedikit keuntungan yang berbeda dari negara-negara lain di dunia. Mengingat bagaimana pendapatan rata-rata di negara tersebut masih sangatlah rendah, hanya saja masih banyak ruang lebih untuk memulai sebuah bisnis. Bahkan, India memiliki lima kali ruang yang lebih besar dibandingkan dengan China, dan 40 kali jika dibandingkan dengan Amerika Serikat.

Selain itu, demografi di India memainkan peran penting dalam proses itu juga. Dengan sekitar 600 juta orang di bawah usia 27, generasi masa depan peserta didik adalah sumber penopangnya. Mengingat bagaimana banyaknya orang-orang yang sudah sangat melek akan teknologi sekarang ini, pasti akan ada hal yang lebih menarik kedepannya.

Keputusan lainnya juga memainkan peranan penting dalam proses pertumbuhan tersebut. Negara ini masih terpaksa menggunakan batubara untuk menghasilkan energi, daripada menggunakan minyak atau pilihan lain. Memang, ini bukanlah solusi yang sehat, tetapi sejauh ini batubara masih sebagai sumber energi yang murah. Dengan solusi penggunaan energi solar/matahari yang harganya tidak jauh beda dengan harga batubara, membuat pembangkit listrik tenaga surya menjadi jauh lebih menarik dan lebih ramah lingkungan.

Selama bertahun-tahun, banyak negara yang telah mengkritik India untuk bergerak secara perlahan untuk membenahi daerah-daerah yang kritis seperti kesehatan, perbankan dan ritel. Pada saat yang sama, keuntungan terakhir mover ini dapat membuktikan begitu bermanfaatnya bagi negara, karena mereka dapat memetik hasil riset internasional dan pengembangan yang dilakukan di industri ini. Namun, hanya masalah waktu yang akan memberitahu dunia apakah keputusan ini akan segera keluar dengan cara yang positif.

Pertumbuhan Bunga Pada Sektor Bitcoin Bisa Menguntungkan

India terkenal juga dengan boom mobile commerce-nya. Para konsumen disana tidak menggunakan pembayaran melalui kartu kredit kebanyakan melakukan pembayaran secara tunai kepada rekan-rekan mereka melalui mobile. Bitcoin bisa memainkan peran penting dalam hal ini karena dapat digunakan untuk pembayaran mobile di pasar luar negeri dan internasional.

India adalah rumah bagi beberapa bursa Bitcoin, seperti Unocoin dan BTCXIndia. Selain itu, pasar LocalBitcoin sudah mulai aktif di negeri ini, dengan banyaknya pembeli dan penjual yang mencari bursa perdagangan Bitcoin setiap harinya. Hal ini masih tetap menjadi misteri apakah iya atau tidaknya Bitcoin dapat membuat dampak besar di India.

Sumber : CNN Money

Gambar: www.kwintessential.co.uk

India Sedang Mengalami Perbaikan Ekonomi Meskipun Dalam Gejolak Keuangan Global

Feb 15, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments