Melihat pergerakan bitcoin yang akhir-akhir ini mengalami kestabilan harga yang dikarenakan oleh beberapa altcoin yang mengalami kenaikan harga secara drastis. Sekarang saya akan membahas apakah Altcoin itu musuh atau teman dari Bitcoin.

Altcoins memiliki sejarah panjang dalam komunitas Bitcoin, tetapi mereka cenderung menyebabkan banyak kesenjangan dalam perdebatan diantara mereka yang berpikir berguna dan mereka yang berpikir mereka semua itu adalah modus dari sebuah penipuan. Di satu sisi berargumen, diartikulasikan oleh Satoshi Nakamoto Institut Daniel Krawisz, bahwa altcoin tidak memiliki kesempatan untuk sukses dan mengalihkan perhatian dari pengguna Bitcoin, sementara di sisi lain, diartikulasikan oleh banyaknya pendukung Ethereum, mereka cenderung percaya bahwa platform seperti Bitcoin dan Ethereum dapat bekerjasama.

Baca juga: Sebuah Perusahaan Mempelajari Teknologi Bitcoin Untuk Otentikasi Wisata Perjalanan

Johnny Dilley, yang menjalankan strategi di Blockstream, baru-baru ini memberikan komentarnya tentang altcoin selama dalam sesi wawancara di The Crypto Show. Dilley percaya bahwa sebagian besar altcoin merupakan modus penipuan, dan ia juga berpikir bahwa pengembang Bitcoin tidak bisa terancam oleh keberadaan alternatif cryptocurrencies ini.

Ketika pertama kali ditanya tentang altcoin, Dilley memberikan sebuah pernyataan terbaru yang dibuat oleh pengembang Monero Riccardo Spagni dan menyatakan, “Saya tetap percaya bahwa sebagian besar altcoin adalah penipuan. Mereka tidak memberikan fungsi apapun, atau fungsi mereka bisa memberikan kemudahan dalam implementasi melalui sidechain.”

Sebuah Sidechain adalah blockchain alternatif untuk Bitcoin yang menggunakan mata uang Bitcoin yang sama melalui mekanisme pengelompokkan. Idenya adalah untuk memungkinkan pengembang untuk bereksperimen dengan blockchains yang benar-benar baru tanpa harus bootstrap jaringan mata uang baru (altcoin). Bitcoin Hivemind dan Rootstock merupakan dua contoh sidechain yang sedang dalam pembangunan. Blockstream telah menangani sebagian besar pekerjaan pembangunan untuk sidechain sampai saat ini.

Dilley melanjutkan kembali untuk membahas masalah keamanan yang terkait dengan altcoin. Sebuah kritik sering menunjuk pada hashrates jaringan yang rendah dan model konsensus alternatif sebagai potensi risiko dari alternatif ini untuk Bitcoin. Dilley menambahkan, “Jika Anda akan jatuh kembali ke [model keamanan yang lebih lemah], Anda mungkin juga akan kembali ke Bitcoin via sidechain.”

Pengembang Bitcoin Sama Sekali Tidak Terancam oleh Altcoin

Dalam hal apakah Altcoin merupakan sebuah ancaman bagi Bitcoin, Dilley mengatakan:

“Saya tidak berpikir bahwa para pengembang Bitcoin – mereka tidak melakukan hal-hal dari perspektif kompetitif yang dirasakan. Perspektif mereka adalah: ‘Saya memiliki sepotong teknologi yang mengagumkan ini, dan saya ingin bisa untuk membantu mengembangkan dan memajukan teknologi tersebut untuk membangun ide menarik lainnya di atas teknologi ini.’ Jadi tidak ada, saya tidak berpikir bahwa itu merupakan sebuah ancaman yang dirasakan dari setiap altcoin yang muncul.”

Dulu, banyak altcoin yang telah dipasarkan sendiri dengan semacam keunggulan komparatif dari Bitcoin. Sebagai contoh, beberapa altcoin telah disebut-sebut mempunyai sistem konfirmasi yang lebih cepat; altcoin lain mengklaim dan menawarkan privasi tambahan. Untuk sebagian besar, pengembang Bitcoin telah difokuskan pada pelaksanaan inovasi mereka sendiri daripada menanggapi apa yang terjadi dengan pasar altcoin.

Apakah Ketidakpastian Pada Bitcoin Menjadi Pendorong Altcoin?

Ada beberapa ketidakpastian yang terjadi pada pasar Bitcoin baru baru ini karena masalah perdebatan scaling. Dilley berpikir bahwa ketidakpastian ini telah menyebabkan beberapa pemegang Bitcoin melarikan diri ke altcoin.”

Dilley menjelaskan pasti ada beberapa anggota dari komunitas Bitcoin yang akan memanfaatkan kesempatan untuk menyerang kembali jika mereka melihat kesempatan untuk meningkatkan laba pada spekulasi altcoin. Kepala strategi di Blockstream menunjuk ke sejumlah besar penipuan dalam ekosistem Bitcoin selama beberapa tahun terakhir sebagai cara untuk menjelaskan bahwa tidak ada keterbatasan aktor jahat dalam ruang tersebut.

Selain para promotor altcoin, Andreas Antonopoulos telah mencatat beberapa kemungkinan serangan dari berbagai instansi pemerintah. Diskusi online Bitcoin telah berubah menjadi sekolah-esque tahun lalu, tetapi tidak jelas ada berapa banyak dari perpecahan di komunitas tersebut.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Bitcoin Itu Teman atau Musuh Altcoin?

May 27, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments