Penggunaan Bitcoin sebagai metode penyaluran modal bagi investor Cina menjadi sebuah berita utama, namun otoritas setempat mulai menekan keras atas kegiatan tersebut.

Yuan China terus mengalami pelemahan terhadap dolar, pemerintah telah bertindak untuk membendung arus nilai yang keluar dari negara tersebut. Namun para investor telah menemukan cara yang lebih cerdas untuk menempatkan aset dana mereka ke luar negeri – dan Bitcoin menjadi metode pilihan tersebut.

Baca juga: Prediksi Harga Bitcoin Di Tahun 2017

Ketentuan Pasar China ‘Tidak Adil’

Media Singapura The Straits Times melakukan sebuah wawancara dengan Wayne Zhou, CEO dari sebuah perusahaan produk multinasional Shanghai, “mempertimbangkan untuk melakukan pembelian emas atau mata uang virtual … yang dapat ia lakukan di Cina dan menjual mata uang asing di luar negeri.”

Zhou melanjutkan:

“Aturan pasar di Cina sangat tidak adil. Setiap hari, mereka (pihak berwenang) bisa membuat beberapa aturan baru dalam semalam dan Anda bahkan tidak bisa keluar dari jerat peraturan tersebut. Namun ada beberapa orang yang secara cepat mendapat kabar tersebut sebelumnya dan dengan segera membatalkan semua investasi mereka dengan pihak lain.”

Meningkatkan investasi pada Bitcoin dapat membuat keuntungan dari tipu muslihat pemerintah China untuk menopang yuan. Awal bulan ini saja, regulator negara, Administrasi Negara Valuta Asing, menurunkan ambang batas untuk “pemeriksaan” transaksi yang pergi ke luar negeri dari $ 50 juta sampai $ 5 juta.

Cina telah lama memegang rekor dalam bursa pertukaran Bitcoin, bahkan saat status hukumnya telah melalui banyak perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Kelemahan yuan bisa menjadi titik kritis untuk dorongan baru untuk menghancurkan akses bagi investor awam.

Dikutip dari Straits Times, seorang analis yang melindungi nilai taruhan mereka atas kontrol modal yang akan “lebih diperketat” karena pasar memperkirakan akan terjadi lonjakan arus modal yang keluar. Investasi secara langsung mencapai $ 146 Miliar dalam sepuluh bulan pertama di tahun 2016.

“Mengingat perubahan pada sektor keuangan, di mana terjadi peningkatan pinjaman antar bank dan konektivitas yang lebih antara sektor shadow banking bank dan, lebih banyak likuiditas juga akan diperlukan.”

Gambar: Capital Markets Tablet

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Capital Bitcoin Melejit Naik

Dec 21, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments