Bitcoin sebagian besar merupakan penemuan Amerika. Meskipun tidak ada yang tahu banyak tentang Satoshi Nakamoto, namun diyakini bahwa Satoshi, dalam tahap awal, berbicara dan melakukan pekerjaan pada Bitcoin dalam bahasa Inggris. Sekitar 18 bulan yang lalu, Cina mulai bertanya-tanya apa itu Bitcoin. Dalam beberapa bulan, Cina mengubah kondisi pasar dengan menyetir dengan jumlah $ 1100. Pada saat itu, ia menciptakan dampak besar di pasar Bitcoin karena AS tidak pernah menghadapi investasi besar semacam itu dari mata uang yang tergolong baru.

Pemerintah China memahami pergeseran dari sistem keuangan di pasar dan membuat Bitcoin menjadi lebih mempesona dalam kasus perbankan dan sektor regulasi. Strategi tersebut tiba-tiba diambil oleh China seperti contoh dari kekuasaan Cina pada pasar keuangan dalam waktu yang sangat singkat (beberapa bulan).

Bitcoin tidak pernah dianggap sebagai ancaman terhadap mata uang nasional, melainkan selalu dianggap komoditas online untuk transaksi keuangan secara online. Selama beberapa hari di tahun 2014 sampai hari ini, Cina telah berhasil meningkatkan dan mempertahankan pangsa pasar yang besar di pasar mata uang digital yang disebut Bitcoin. Analis data keuangan global yang berbeda juga sampai pada kesimpulan yang sama.

Menurut data yang dikumpulkan dari raksasa keuangan global bernama Goldman Sachs, dapat dikatakan bahwa sekitar 80% dari total transaksi Bitcoin saat ini diperdagangkan dengan menggunakan Yuan Cina. Dari akhir 2013, China, menggunakan strategi taktis, mulai mempertahankan hampir 50% dari seluruh transaksi Bitcoin di seluruh dunia. Pada dasarnya, Bitcoin terutama dirancang untuk menjadi bagian keuangan yang paling penting dari era masa depan dan saat ini, China pasti dapat dianggap sebagai bagian penting dari masa depan Bitcoin.

Mar 30, 2015Fajar Himawan

Komentar

comments