Monte Dei Paschi, bank terbesar ketiga di Italia, sahamnya telah mengalami penurunan sebesar 12%. Serta sistem perbankan di Italia kini berada di ambang krisis dengan bank tertua di dunia yang jatuh dari 3 miliar euro. Nama-nama bank besar lainnya, seperti UniCredit, juga berada dalam kondisi yang sama buruknya. Hal itu dikemukakan oleh Wells Fargo bahwa hampir 15% dari semua pinjaman yang dimiliki oleh bank Italia bisa berisiko default.

Meskipun lembaga parlemen pemerintahan Italia telah resmi menggunakan dana sebesar $ 20 milyar (£ 16.8bn) untuk mengintervensi krisis yang ada, namun bailout/talangan dana dari negara bisa melanggar aturan Uni Eropa. Solusi lain yang diusulkan adalah dengan meningkatkan utang publik sebanyak 20 miliar euro, namun jumlah yang diusulkan itu bahkan tidak cukup untuk menjaga bank yang terkena dampak krisis dapat bertahan.

Krisis global dalam beberapa tahun terakhir ini dimulai dengan krisis perbankan. Saat Italia mengalami ledakan sistem perbankan, hal itu dapat memicu dampak yang parah di seluruh dunia.

Sangat berbeda dengan masalah krisis sistem perbankan di Italia pada saat ini dengan status ‘safe haven’ dari Bitcoin. Bitcoin memberikan transparansi penuh pada buku besar distribusi, yang tidak memerlukan pihak ketiga untuk menerima atau melakukan pembayaran.

Selain itu, tidak ada satupun bank yang dapat diselamatkan, berbeda dengan Bitcoin yang merupakan sistem cadangan penuh tidak seperti sistem cadangan fraksional yang rapuh.

Keuntungan lain yang dimiliki oleh bitcoin adalah Bitcoin dapat dibeli di setiap bursa pertukaran cryptocurrency dan pembayaran bitcoin dapat diuangkan tanpa ada gangguan sedikitpun. Penerima tidak berkewajiban untuk mengeluarkan uang dari setiap Bitcoin yang mereka terima, karena Bitcoin dapat disimpan dalam dompet dan seterusnya. Bitcoin juga berfungsi sebagai alat investasi atau hanya sebagai sarana aset masa depan/tabungan.

Kasus seperti ini yang sedang dialami oleh Italia dan pemerintahanpun tidak mampu menanggulangi masalah ini dengan masalah utangnya, Bitcoin muncul sebagai alternatif satu-satunya untuk menghindari aksi krisis.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Bitcoin Merupakan Penyelamat Dalam Menghadapi Sistem Krisis Perbankan

Dec 24, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments