Hal ini terbukti dengan hashrate jaringan bitcoin yang terus berkembang. Seperti kesulitan pertambangan yang terus meningkat, hashpower yang lebih besar diperlukan untuk menghasilkan blok yang baru. Untuk mencapai tingkat ini, hanya masalah waktu saja sih sampai kita melampaui 4 exahash per threshold kedua.

Baca juga: Mengapa Bitcoin Tidak Perlu ETF

Grafik yang disediakan oleh BitcoinWisdom menunjukkan bagaimana hashrate mengalami banyak kenaikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Meskipun jaringan hampir mencapai 4 exahash per detik pada waktu yang lalu, dan kembali tenang.

Salah satu pengguna Reddit memposting gambar bagaimana ambang 4 exahash ini telah tercapai. Jaringan kini sudah mencapai 3,5 exahash, yang merupakan perbedaan yang cukup besar. Kemudian lagi, angka-angka ini dapat berubah sewaktu-waktu ketika seseorang menjual banyak hardware online. Dengan hardware pertambangan yang lebih efisien, untuk mencapai ambang berikutnya hanya soal waktu saja.

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya mengapa orang terus berinvestasi di pertambangan bitcoin. Dengan blok reward yang terus berkurang sebanyak separuh dari jumlah koin yang dihasilkan per bloknya, tampaknya ada sedikit insentif untuk melakukannya. Kemudian lagi, harga bitcoin yang terus naik ini juga sebagai salah satu pemicu munculnya daya tarik para penambang baru. Selain itu, biaya transaksi yang tinggi membuat pertambangan ini lebih dari menguntungkan bagi banyak orang dalam kondisi saat ini. Membuat uang dengan cara semi-pasif cukup menarik jika orang itu mampu membuat investasi di bagian awalnya.

Ketika SEC menolak ETF bitcoin, dukungan pertambangan bisa saja mengalami penurunan. Banyak orang yang mengharapkan harga bitcoin mengalami kecelakaan besar. Namun dengan melihat grafik saat ini, tampaknya run bullish lain sedang disiapkan. Hal ini tentu akan membantu jaringan bitcoin mencapai angka 4 exahash dalam beberapa bulan saja. Banyak uang yang dapat dibuat oleh pertambangan bitcoin hari ini, meskipun membutuhkan investasi di awal yang cukup signifikan/banyak.

Bitcoin kini memiliki kekuatan pertambangan yang sudah mulai meningkat, harga yang terus naik dan jumlah transaksi yang terus meningkat dari sebelumnya. Mengenai biaya yang selalu meningkat, sekarang kita hanya perlu mencari hal positifnya saja dari bitcoin yang masih memiliki banyak potensi pertumbuhan. Sangat menarik untuk menjadi bagian dari ekosistem bitcoin ini, bahwa banyak sekali hal-hal yang baru yang sangat menegangkan.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Jaringan Bitcoin Targetkan Daya Pertambangan Melampaui 4 Exahash

Mar 14, 2017Fajar Himawan

Komentar

comments