Sudah lama sejak kita terakhir kali mendengar berita/isu dari PBoC mengenai bitcoin. Akhir pekan lalu, salah satu staf mengatakan bahwa bitcoin tidak dapat memperoleh status hukum di China. Untuk lebih spesifiknya, Bitcoin tidak bisa disamakan pada tingkatan yang sama dengan uang kertas. Hal ini disebabkan dengan tidak adanya peraturan AML dan KYC yang berlaku saat ini.

Baca juga: ETF Bitcoin Akan Di Koreksi Kembali Oleh SEC, Namun Versi ETF Etereum Berpeluang Akan Disetujui

Cryptocurrencies seperti bitcoin tidak diatur atau dikeluarkan oleh bank atau pemerintah. Sementara itu mengenai salah satu penjualan utama bitcoin, banyak orang melihatnya sebagai masalah. Hal ini terutama berlaku bagi regulator dan legislator. Sementara itu bitcoin mendapatkan status hukum di beberapa negara, hal yang sama tidak akan terjadi di China dalam waktu dekat ini. Menurut Huang Yusong, ada kekurangan peraturan KYC dan AML yang berlaku pada saat ini.

Pernyataan itu tidak sepenuhnya mengejutkan untuk saat ini. PBoC baru-baru ini melakukan perombakan pada bursa pertukaran bitcoin untuk memperkuat persyaratan AML mereka. Akibatnya, banyak platform yang menghentikan layanan penarikan cryptocurrency. Yang cukup menariknya lagi, hal ini tidak berdampak buruk pada harga bitcoin dan kekuatan kripto lainnya sejauh ini.

PBoC juga tidak memiliki rencana untuk melakukan pendekatan yang lebih baik terhadap bitcoin. Saat ini, institusi tersebut terus meneliti kelayakan mata uang digital. Sementara itu bank bekerja pada RMBCoin, nampaknya proyek itu tidak akan membuahkan hasil dalam waktu dekat ini. Selain itu, hal ini hanya akan menyebabkan oposisi secara lebih lanjut dari bitcoin. Mungkin butuh bertahun-tahun sampai situasi ini berubah, menurut Huang.

Pada akhirnya, pernyataan ini sama sekali tidak akan berubah. Semua orang tahu bank tidak menyukai bitcoin dan cryptocurrencies lainnya sejak dulu. Merusak bursa pertukaran adalah tindakan terbaik mereka, karena platform ini memfasilitasi pembelian dan penjualan kripto. PBoC akan terus melakukannya untuk masa yang akan datang. Ini semua adalah alasan untuk beralih ke pertukaran peer-to-peer yang bergerak maju.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Klaim Resmi PBOC Mengenai Bitcoin Tidak Dapat Menerima Status Hukum Yang Sama Dengan Mata Uang Tradisional Karena Kurangnya Peraturan

Apr 28, 2017Fajar Himawan

Komentar

comments