Jaringan bitcoin telah mengalami beberapa perlambatan yang dikarenakan oleh beberapa serangan spam selama beberapa bulan terakhir ini. Ini bukanlah sebuah serangan yang ditujukan ke teknologi tersebut, melainkan meluapnya para individu yang membanjiri jaringan Bitcoin dengan transaksi.

Baca juga: Las Vegas Club Kini Mulai Menerima Bitcoin

Serangan spam terhadap jaringan bitcoin ini telah menjadi masalah besar. Karena sifat dari tindakan ini, beberapa individu ini dapat menyebabkan backlog pada transaksi utama. Akibatnya, MemPool mengisi dengan transfer yang belum dikonfirmasi. Satu-satunya cara untuk memotong blokade ini secara efektif adalah dengan membayar biaya transaksi yang lebih tinggi. Sebagian besar pengguna lebih suka tidak akan melakukannya, karena alasan yang logis yaitu mahal.

Spamming jaringan dengan transaksi yang sangat tidak masuk akal ini menyebabkan pembayaran biaya yang tinggi. Alamat yang bersangkutan ini tampaknya bukan milik pool pertambangan atau layanan lain yang mengirimkan sejumlah besar transaksi. Serangan spam ini masih akan terjadi bahkan ketika ukuran blok sudah meningkat nanti, penambahan skala bitcoin ini secara langsung tidak akan bisa memecahkan masalah ini.

Kita masih belum bisa menentukan alasan seseorang di balik serangan ini. Satu-satunya penjelasan logis yaitu mereka menciptakan serangan spam ini dengan sengaja. Dan pertanyaan yang harus kita garis bawahi adalah berapa lama sih serangan ini akan bertahan.

Satu-satunya pemenang dalam kejadian ini sekarang ialah para penambang bitcoin. Dengan biaya transaksi yang lebih mahal, penambang dapat meraup sedikit lebih banyak keuntungan. Dan tampaknya seseorang akan dengan senang hati membiarkan para penambang Bitcoin mendapatkan sedikit banyak keuntungan, meskipun tidak ada yang tahu pasti mengapa hal ini harus terjadi. Kita hanya bisa berharap bahwa serangan ini harus segera berakhir, agar kita bisa kembali ke biaya normal.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Serangan Spam Yang Baru Bertujuan Untuk Memperlambat Jaringan Bitcoin

Mar 5, 2017Fajar Himawan

Komentar

comments