Harga Bitcoin mengalami penurunan sebanyak 9 persen dalam semalam, menurun dari harga $ 1060 ke $ 959 di berbagai bursa Bitcoin global. Penurunan jangka pendek ini mungkin disebabkan oleh pengumuman yang dikeluarkan dari bursa pertukaran bitcoin Huobi dan OKCoin untuk menonaktifkan layanan penarikan dana pada Bitcoin dan litecoin untuk sementara waktu selama satu bulan ini.

Baca juga: Apa Yang Harus Kita Cermati Terlebih Dahulu Sebelum Berinvestasi di Altcoin

Huobi dan OKCoin merupakan dua bursa Bitcoin terbesar di Cina yang mengendalikan sekitar 25 persen dari pasar valuta Bitcoin secara global. Dua bursa Bitcoin memproses sekitar 55 juta dollar yang senilai dengan Bitcoin dan litecoin setiap harinya.

Pada tanggal 9 Januari 2017, setelah pertemuan berlangsung antara sembilan bursa Bitcoin Cina dengan Bank Rakyat China (PBoC), bursa pertukaran Bitcoin Huobi dan OKCoin secara tiba-tiba menonaktifkan layanan penarikan dana untuk Bitcoin dan litecoin selama satu bulan. OKCoin dan Huobi mengatakan kepada penggunanya bahwa mereka diminta untuk meng-upgrade sistem Anti-Pencucian Uang mereka untuk memastikan mereka sesuai dengan peraturan transmisi keuangan dan uang lokal disana.

Pengguna OKCoin dan Huobi tidak menerima pemberitahuan atau surat peringatan sebelum pengumuman itu keluar. Penghentian layanan penarikan dana Bitcoin dan litecoin di pasar bitcoin Cina ini membuat panik, jadi menyebabkan harga Bitcoin ini turun.

Kedua bursa OKCoin dan Huobi ini secara langsung memberikan pernyataan identik kepada seluruh pengguna mereka. OKCoin dan Huobi menyatakan bahwa jalur kredit dan operasi cryptocurrency dari kedua bursa akan dibekukan dan pengguna bursa tidak bisa menarik dana se sen pun selain dari saldo RMB sampai upgrade sistem AML itu selesai.

Sementara itu dua bursa ini mengharapkan bahwa perbaikan infrastruktur AML ini akan memakan waktu hingga satu bulan penuh, sumber berita lokal CnLedger menegaskan bahwa OKCoin dan Huobi memungkinkan pengguna untuk menarik saldo jika upgrade tersebut sudah selesai sesuai roadmap dalam satu bulan nanti.

Pada tanggal 22 Januari, Huobi dan OKCoin dikritik oleh Bank Rakyat China karena masalah operasi bisnis cryptocurrency di atas sistem AML yang tidak sesuai dengan peraturan lokal. PBoC khususnya menegaskan dua bursa Bitcoin dari sembilan pertukaran Bitcoin ini telah beroperasi secara aktif di negeri itu dan memberitahu mereka tentang bagaimana meningkatkan atau mengubah sistem AML agar tetap sesuai dengan hukum setempat.

Meskipun Huobi menghentikan margin tradingnya setelah pengumuman PBoC, mereka gagal untuk mengatasi masalah sistem AML selama pemeriksaan dan kunjungan PBoC. Sebagai hasilnya, PBoC menekankan pada dua bursa Bitcoin untuk segera merombak sistem AML mereka dan layanan penarikan dana untuk sementara ini di nonaktifkan selama operasi upgrade selesai.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Harga Bitcoin Mengalami Penurunan 9% Karena 2 Bursa Cina Menghentikan Penarikan Dana

Feb 10, 2017Fajar Himawan

Komentar

comments