Setiap kali seseorang mengirimkan sebuah transaksi Bitcoin dengan biaya yang lebih rendah dari biaya normal, wajar saja kalau transaksi tersebut mengalami sedikit keterlambatan. Cara kerja pertambangan Bitcoin adalah dengan memprioritaskan transaksi berdasarkan biaya transaksi yang mereka bayar. Rendah atau tidak adanya biaya transaksi biasanya akan menyebabkan penundaan sesaat dan menunggu konfirmasi jaringan.

Hari ini, tidak hanya transaksi yang memakan biaya rendah yang mengalami penundaan konfirmasi jaringan, namun tarif normal pun juga mengalami penundaan konfirmasi. Hal ini menciptakan situasi yang sangat canggung di dunia Bitcoin, dengan 0,001 BTC atau senilai US $ 0,43 pada saat penulisan – tidak lagi cukup untuk mendapatkan jamin konfirmasi yang cepat dari beberapa blok pada jaringan Bitcoin.

Baca juga: Bank Rusia Mulai Mengatur Tugas Untuk Mengeksplorasi Bitcoin Dan FinTech

Tapi bukan hanya biaya transaksi yang menciptakan backlog ini, jaringan blok pertambangan pada tanggal 29 Februari tidak bisa menerima transaksi yang lebih banyak. Semua blok pertambangan benar-benar penuh, salah satu cara penanggulangannya adalah dengan menambahkan ukuran blok. Penundaan konfirmasi ini telah menyebabkan naiknya biaya untuk mempercepat proses konfirmasi pada hari ini, biaya transaksi saat ini mencapai 0,0044 BTC atau US $ 1,90.

Dengan biaya transaksi yang naik tajam untuk memindahkan dana di seluruh jaringan Bitcoin secara cepat, itu menjadi masalah yang jelas sejauh mana debat berapa banyak ukuran blok yang harus dinaikkan telah menyakiti ekosistem bitcoin sekarang. Biaya transaksi bitcoin hampir mendekati US $ 2 per transaksi. Solusi pengiriman uang ini seharusnya jauh lebih murah daripada biaya layanan tradisional.

Memori pool Bitcoin saat ini sedang dipenuhi oleh banyaknya transaksi yang masih menunggu konfirmasi, dan jumlahnya pun terus bertambah dari waktu ke waktu. Beberapa orang yang melihat fenomena ini mungkin berfikir bahwa Bitcoin telah mempunyai penggemar yang sangat banyak, namun dengan adanya penundaan konfirmasi tersebut menimbulkan keresahan dan ketidaknyamanan bagi setiap penggemar bitcoin.

Apakah Sebuah Peningkatan Ukuran Blok Mampu Memperbaiki Masalah?

Sayangnya, tidak ada jawaban yang benar atau yang salah untuk pertanyaan ini sekarang. Ya, lebih besar ukuran blok Bitcoin akan memudahkan sebuah transaksi yang lebih banyak untuk dimasukkan dalam setiap blok, dan bisa mengurangi biaya transaksi yang lebih rendah lagi dalam progres jangka panjang.

Pengguna memutuskan untuk melakukan pengiriman ulang transaksi dengan biaya yang lebih tinggi, cara itu adalah solusi dari masalah penundaan konfirmasi pada jaringan blok. Tapi pada saat yang sama, solusi yang lebih permanen perlu dibuat untuk semua pengguna Bitcoin.

Sumber: Reddit, Flickr

Bitcoin Blok Penuh Kembali… Transaksi Tersendat Dan Biaya Transaksi Naik

Mar 1, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments