WINGS, merupakan platform desentralisasi untuk berkreasi, partisipasi dan mengelola Decentralized Autonomous Organizations (DAO), menghadirkan penggalangan dana atau crowdfunding ke ruang blockchain dengan model baru yang penuh visi yang membangun komunitas sembari menawarkan sebuah kesempatan besar.

Baca juga:  Adopsi Bitcoin di Indonesia Kini Sedang Naik

WINGS bisa digambarkan sebagai campuran antara DAO, Augur dan Kickstarter, yang memungkinkan pengelolaan proyek DAO, prediksi pasar untuk startups yang potensial, dan platform crowdfunding yang terdesentralisasi. Tim WINGS sedang membangun sebuah komunitas internasional di ruang kripto di mana para anggotanya dapat membangun kepercayaan dan juga mengevaluasi proyek-proyek yang baru dan pendanaan proyek yang mereka sukai.

Dalam platform crowdfunding biasa seperti Kickstarter atau GoFundMe, para pendukungnya ini akan dihargai dengan perks – biasanya diawal atau akses secara gratis ke produk atau layanan yang dikembangkan oleh proyek tersebut. Namun dalam platform crowdfunding generasi terbarukan seperti WINGS, para pendukung akan diberikan token dan menjadi stakeholder dari proyek tersebut yang sedang berjalan, terlibat dalam pengambilan keputusan, dapat menyediakan layanan dan berhak untuk mendapatkan pembayaran dari sebuah layanan melalui kontrak pintar DAO ini. WINGS akan memungkinkan pencipta proyek untuk mengajukan proposal ke platform WINGS, dan mereka akan mendapat persetujuan dari komunitas pengguna WINGS dan merilis sebuah crowdfunding.

Dalam sebuah makalah yang berjudul ” DAOs, Democracy and Governance,” futuris terkenal dan kriptografer Ralph Merkle berpendapat bahwa DAOs dan crowdsourcing dapat menimbulkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan dapat membentuk sistem demokrasi yang baru. “Kami menyebutnya sebagai bentuk baru dari demokrasi yaitu Demokrasi DAO,” kata Merkle.

Versi terbaru dari whitepaper WINGS menggambarkan platform sebagai “proyek tata kelola pertama dan pendukung Platform sosial dari jenisnya yang memanfaatkan teknologi baru seperti kecerdasan kelompok melalui peramalan pasar terdesentralisasi, generator kontrak cerdas, yang berfokus pada aksesibilitas, pemerintahan dan partisipasi model fleksibel serta dalam pembelajaran yang dibantu dengan evaluasi proyek.”

Pasar forecasting meminjam konsep inti dari prediksi pasar – pasar spekulatif yang diciptakan untuk tujuan membuat sebuah prediksi. Misalnya pemilihan calon tertentu – dapat diartikan sebagai agregat, estimasi crowdsourced diperoleh dari probabilitas prediksi.

Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan WINGS sebagai pendukung kampanye proyek mereka, Wings kini telah mengumpulkan dana sekitar 1740 Bitcoin. WINGS diharapkan akan rilis pada Q1 2017, dan proyek DAO pertama juga telah diumumkan oleh Stremio AdEx, jaringan iklan transparan dan pasar yang berjalan di atas blockchain Bitcoin melalui RSK side-chain dan kontrak cerdas.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

WINGS Merupakan Generasi Crowdfunding/Pengumpulan Dana Komunitas Proyek Yang Baru

Jan 4, 2017Fajar Himawan

Komentar

comments