Selama beberapa hari terakhir, ada berbagai rumor mengenai serangan 51% yang akan menentang jaringan Ethereum Klasik. Meskipun beberapa upaya sebelumnya masih dalam lingkup spekulasi, 51Pool terus maju dengan rencananya untuk menghancurkan jaringan ETC.

Sejak Ethereum klasik telah terbukti mampu berdiri sendiri, untuk saat ini, komunitas Ethereum agak memusuhi proyek ini. Yang agak anehnya lagi, mengingat kedua ekosistem ini merupakan satu hal yang sama, bedanya yang satu memiliki solusi hard fork dan sisi lain tidak menerapkan hard fork.

Baca juga: Apakah Teknologi Blockchain Dan Kontrak Cerdas Mencuri Pekerjaan Dari Manusia?

Beberapa anggota komunitas Ethereum telah mengambil keputusan untuk menghancurkan jaringan ETC, atau setidaknya mencoba untuk menghentikan. Proyek ini disebut dengan 51Pool, yang saat ini penambangan Ethereum dibebankan dengan biaya 0,25%. Pada awalnya dimulai dengan biaya 0%, namun kegiatan tersebut malah berhenti.

Tujuan dari 51Pool terbilang sederhana: mengumpulkan kekuatan pertambangan yang cukup untuk melakukan serangan pada jaringan ETC. Sekarang, kekuatan pertambangan Ethereum Klasik duduk di 464 GH/s, masih butuh sedikit waktu untuk melakukan serangan terhadap jaringan ETC. 51Pool menekankan, Pool akan terus menambang ETH untuk saat ini sampai hashrate yang ditargetkan dapat tercapai.

51Pool akan mencoba untuk menyerang dengan kekuatan 51% ke jaringan ETC. Dengan menggunakan modifikasi Go-Ethereum klien, pemilik pool berharap bisa mencapai serangan dan menempa blok ETC yang ditambang.

Mengapa orang-orang harus bergabung dengan 51Pool dengan rencana serangan mereka, jawabannya simple:

  • Prove ETC tidak immuteable
  • Mematikan hash rate ETC untuk menghancurkan jaringan
  • Menghilangkan ketidakpastian dalam ETH vs ETC
  • Meningkatkan nilai ETH di pasaran
  • Lihat berapa banyak anti-forkers yang menganggap “kode itu hukum”
  • Jadilah bagian dari sejarah

Hal ini bukanlah upaya yang mewakili komunitas Ethereum secara keseluruhan. Sebenarnya para pengembang Ethereum bisa saja mencegah semua kekacauan yang telah terjadi ini, itupun jika mereka mau. Namun hal ini sangat menarik untuk disaksikan apakah mereka para pengembang memutuskan untuk campur tangan atau tidak.

Sumber: Ethereum Forum

Gambar: betanews

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

51Pool Berencana Untuk Menyerang Jaringan Ethereum Klasik (ETC)

Aug 1, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments