Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden masa depan Amerika Serikat dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 20 Januari 2017 mendatang, yang telah mengguncang ekonomi global dan pasar keuangan dunia ke dalam kekacauan. Namun, harga Bitcoin malah menunjukan aksi yang positif dengan mencapai harga $ 731 dan diduga akan mencapai titik tertinggi kembali di harga $ 745.

Bertentangan dengan sebagian besar ahli dan analis, Trump mendapatkan kemenangan yang dominan atas kandidat Partai Demokrat Hillary Clinton.

Baca juga: Harga Bitcoin Terjun 8% Karena Pemerintah Cina Merencanakan Untuk Membatasi Pengeluaran Bitcoin

Sebelum pemilihan berlangsung, media mainstream dan pasar Amerika meramalkan bahwa Trump hanya memiliki 15 persen kesempatan untuk menjadi Presiden Amerika Serikat. Namun tak disangka-sangka ternyata Trump malah mendominasi dan memenangkan pemilu ini. Trump secara resmi ditetapkan sebagai presiden pengganti Obama pada pagi hari tadi tanggal 8 November 2016, dan Trump juga membawa dampak penurunan nilai bagi ekonomi AS dan pasar dunia.

Setelah pengumuman resmi berlangsung, dolar AS serta saham mulai anjlok, futures Dow Jones mengalami penurunan 700 poin ke 17.591 dan futures S&P 500 serta Nasdaq turun sebanyak 5 persen.

Pasar global, termasuk pasar saham Australia, merugi sekitar $ 30 miliar nilainya sebelum pengumuman resmi, dengan sharemarket Australia dan mata uang nasional yang menurun lebih jauh setelah Trump secara resmi dinyatakan sebagai pemenang.

Nader Naeimi, kepala AMP Capital mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa situasi ini sangat “menakutkan,” keduanya dolar Australia dan pasar saham dengan cepat jatuh nilainya.

Dampak Terhadap Bitcoin

Pasar global dan gejolak ekonomi berkorelasi dengan devaluasi mata uang peso Meksiko, yang telah menyebabkan lonjakan permintaan Bitcoin.

Harga Bitcoin hampir mencapai $ 740 pagi hari ini dan saat ini harga bitcoin menunjukkan stabilitasnya pada $ 733.

Setelah Trump dinyatakan sebagai pemenang, nilai Bitcoin mulai melonjak. Menurut data pasar BraveNewCoin, harga Bitcoin tetap stabil di $ 705 sampai detik pemilihan, yang mendorongnya untuk melaju ke harga $ 739.

Karena ekonomi global dan pasar keuangan melemah, permintaan Bitcoin akan terus meningkat. Bloomberg menegaskan di awal pekan ini bahwa Bitcoin, emas dan Franc Swiss merupakan “klasik safe haven/tempat investasi yang aman” aset dunia.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Trump Menang, Meksiko Mulai Kacau Dan Mendorong Harga Bitcoin

Nov 9, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments