Meskipun mempunyai volatilitas yang tinggi, Bitcoin telah menjadi mata uang yang berperforma terbaik di dunia untuk 5 dari 6 tahun. Nilainya meningkat pesat dari ranah mata uang digital dan desentralisasi yang telah dianggap sebagai safe asset global untuk para investor dan pedagang.

Selama beberapa dekade ini, akun rekening bank Swiss merupakan aset global yang ideal bagi kebanyakan pengusaha dan investor, karena anonimitas dan privasi. Sebelum pembentukan kontrak antara Uni Eropa dan Swiss, siapa pun bisa membuka rekening bank Swiss dan penyimpanan dana terbebas dari semua kewajiban pajak.

Baca juga: OKLink Menjalin Kerjasama Dengan DOKU Indonesia

Namun, setelah AS memperlihatkan peraturan keuangan yang ketat pada bank-bank internasional yang memaksa lembaga keuangan Swiss untuk melaporkan data keuangan maupun pribadi dari rekening bank asing, baik Eropa dan pemegang rekening luar negeri Amerika yang menahan diri untuk tidak membuka rekening bank Swiss.

Selain itu, bank Swiss telah ragu untuk melayani pelanggan dari Amerika, karena peraturan yang ketat oleh AS.

Pada bulan Oktober, Duta Besar Suzan G. LeVine secara resmi meminta bank-bank Swiss untuk menerima Amerika sebagai klien dan memungkinkan pelanggan yang berbasis di AS untuk membuka rekening bank di sana.

LeVine mengatakan:

“Saya mengirim surat kepada eksekutif di berbagai … bank Swiss, menggambarkan tantangan yang dihadapi oleh warga negara Amerika ketika mereka ingin membuka rekening bank atau hanya menyimpan satu aset yang mereka miliki,”

Bitcoin, Aset Global Yang Paling Aman

Berakhirnya era bank Swiss berarti bahwa investor dan pedagang harus mengeksplorasi aset alternatif dalam menyimpan uang mereka. Logam mulia seperti emas dan perak selalu menjadi alternatif namun karena likuiditas yang rendah dan atribut fisiknya, investor masih mencari alternatif lain yang pas.

Baru-baru ini, peningkatan jumlah investor, terutama dari China, telah berpindah ke Bitcoin sebagai alat investasi untuk mempertahankan kekayaan mereka. Bitcoin telah menarik investor karena beberapa alasan yang mencakup:

  • Bank dan pemerintah tidak memiliki kontrol atas dana Bitcoin
  • Bitcoin itu desentralisasi dan bebas dari monopoli kekuasaan
  • Bitcoin memiliki likuiditas yang tinggi dan tingkat konversi internasional yang layak
  • Portabilitas; sangat mudah untuk memindahkan dana Bitcoin
  • Peningkatan nilai

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Akankah Bitcoin Menggantikan Peran Akun Bank Swiss Sebagai Asset Keamanan?

Nov 14, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments