Kebanyakan transaksi bitcoin hari ini mengharuskan pengguna untuk online untuk masukan kunci publik dan pribadi mereka sebelum mengakses dana mereka dan pengesahan transfer. OffCoin mengusulkan untuk melakukan transaksi bitcoin secara offline menjadi mungkin dengan membiarkan kunci untuk disimpan di dalam kartu microSD di ponsel untuk mengirimkan kunci pribadi tanpa online.

Dengan hal itu, OffCoin bisa menggerakkan bitcoin di antara ponsel ponsel bahkan tanpa perlu membayar biaya yang terkait dengan mengakses blockchain tersebut. Hal ini dapat memungkinkan transaksi bitcoin berlangsung melalui kode Bluetooth, NFC, atau QR.

Ponsel penyedia pembayaran Rumania Netopia mobilPay didukung dengan proposal ini, mengatakan bahwa hal itu dapat memungkinkan pengguna untuk mengakhiri dan menerima bitcoin tanpa membayar biaya untuk mengirimkan dana selama di blockchain bitcoin. Menurut CEO Antonio Eram, proyek ini masih dalam tahap percobaan untuk saat ini.

“Desentralisasi Bitcoin yang digunakan secara offline akan menjadi kenyataan adalah solusi kami. Seperti yang saya jelaskan, hanya ada dampak positif pada buku umum (public ledger). Kami baru saja membuat offline dan terpercaya, off-blockchain infrastruktur, “ kata Eram.

Netopia telah mencatat bahwa sistem ini sudah dapat bekerja untuk OS Android versi 4.1 atau yang lebih tinggi yang menerima kartu microSD. “Kami memiliki versi USB yang tersedia untuk pengujian dan satu yang kompatibel dengan iPhone. Ini dirancang agar dapat diterima secara universal dan bukan solusi untuk ponsel high end,” kata Eram. “Visi kami adalah untuk memungkinkan transaksi bitcoin secara offline di mana saja di dunia, termasuk daerah-daerah di mana ponsel tidak high end.”

OffCoin menarik perhatian pengembang bitcoin terkemuka seperti Gregory Maxwell, Adam Kembali, Mike Hearn dan Peter Todd. Namun, ide ini masih bisa menghadapi banyak tantangan dalam hal emiten kartu microSD yang mempunyai masalah sistem. OffCoin mampu menjaga keamanan sistem tanpa harus mengorbankan anonimitas.

Gambar

Jul 2, 2015Fajar Himawan

Komentar

comments