Bitfinex telah memperingatkan email phishing yang telah beredar dari salah satu alamat email-nya.

Bitfinex menekankan dalam sebuah postingan blog di website-nya bahwa email tersebut bukan berasal dari alamat @bitfinex.com tapi dari @ibitfinex.com, terdapat tambahan i.

Baca juga: Sebagian Besar Altcoin Dibangun Untuk Gagal

Bitfinex menyatakan:

Kami ingin menekankan hal ini bukanlah pesan yang dikirim oleh Bitfinex dan kami menyarankan kepada siapa pun yang telah menerima email ini atau email yang mirip dengan email kami untuk segera dihapus. Jangan membuka lampiran yang ada dan jika Anda telah membuka lampiran tersebut segera lakukan scan virus secara total pada komputer Anda.

Ia menambahkan bahwa setiap pengguna yang menerima email dari Bitfinex dan memiliki keraguan tentang validitas pesan yang diterima disarankan untuk mengirim email ke support@bitfinex.com.

Berikut ini adalah salinan dari email phishing yang diterbitkan oleh Bitfinex:

Kami mohon maaf kepada Anda untuk ketidaknyamanan atas insiden keamanan pada layanan kami. Kami secara intensif bekerja dengan lembaga penegak hukum untuk mencari tahu tersangka. Dalam waktu dekat ini website kami akan segera restart/aktif kembali. Kami akan berusaha untuk menjaga informasi Anda.

Karena kerugian yang kami miliki dalam skala yang besar. Jadi, kita tidak bisa mengembalikan dana Anda yang hilang secara keseluruhan.

Namun kami mempunyai sebuah solusi.

Kami berencana untuk mengatur sebuah obligasi elektronik yang akan memberikan Anda kewenangan dalam mengklaim pembayaran dividen dari keuntungan perusahaan kami. Anda akan menerima persentase dividen, sama dengan jumlah dana Anda yang hilang.

Jika Anda menerima tawaran yang kami ajukan, silakan periksa informasi pribadi Anda dengan hati-hati, isi aplikasi untuk pengembalian dana dan kirim kembali kepada kami.

Terima kasih atas pengertian dan dukungan yang Anda berikan.

Tim Bitfinex

Pesan ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Editor.

Mengambil Keuntungan Dalam Kesempatan

Hal ini tidak asing lagi bagi para phisher untuk membuat upaya dalam mengambil keuntungan dari situasi yang tidak menguntungkan seperti peretasa Bitfinex di mana Bitcoin senilai hampir $ 70 juta ini telah dicuri pada tanggal 2 Agustus kemarin setelah adanya laporan pelanggaran keamanan.

Pada bulan Juli, menyusul hilangnya HashOcean secara tiba-tiba, perusahaan pertambangan bitcoin dengan nilai bitcoin ‘jutaan dolar’, phisher pun ikut andil dan beraksi untuk mengambil kesempatan dari korban penipuan perusahaan pertambangan yang masih putus asa karena kehilangan banyak uang untuk mendapatkan kembali uang yang hilang atau dicuri. Mereka mengirimkan email phishing, menciptakan situs palsu, dan halaman Facebook untuk memikat korban agar tidak curiga dengan modus ini.

Hal ini biasanya dimulai dengan upaya untuk meyakinkan para korban dan untuk mendapatkan informasi pribadi para korban dengan iming-iming update informasi mengenai dana investasinya dan pengembalian dana investasi para korban.

Reff: Cryptocoinsnews

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Awas Ada Email Phishing Dari Bitfinex

Aug 6, 2016Fajar Himawan

comments