Dilansir dari Bitcoin Magazine, melaporkan bahwa mantan menteri keuangan Yunani Yanis Varoufakis, yang mengundurkan diri setelah referendum Yunani pada tanggal 5 Juli, menyatakan kekecewaannya dengan hasil dari krisis Yunani.

Sebelum menjadi Menteri Keuangan, Varoufakis mengusulkan mata uang IOU berbasis paralel, yang dijuluki Future Tax Coin (FT-koin), mirip dengan cryptocurrency dalam beberapa aspek. Varoufakis tidak terkesan dengan Bitcoin sebagai mata uang, tetapi ia yakin bahwa teknologi yang mendasarinya dapat dimanfaatkan dengan efektif dalam ekonomi yang bermasalah.

Sistem pembayaran paralel yang direncanakan akan diluncurkan jika bank terpaksa tutup dan akan memungkinkan pembayaran harus dibuat antara pihak ketiga dan negara. Pelaksanaan rencana itu akan memerlukan nomor registrasi pajak wajib pajak, tersedia di situs General Secretariat of Public Revenues, yang dipantau oleh kreditur Yunani.

Rencananya diperlukan hacking ke sistem untuk mendapatkan nomor pendaftaran wajib pajak. Untuk menghindari peringatan kreditur Yunani, yang memonitor sistem, Varoufakis menugaskan teman masa kecil nya, yang seorang ahli teknologi informasi yang menjadi profesor di Columbia University, untuk melakukan hack.

Jul 28, 2015Fajar Himawan

comments