Sejak tersiar berita bahwa pemerintah Inggris yang berencana untuk menerapkan peraturan AML ke Bitcoin, masyarakat luas telah mengalami perubahan tentang cara yang mendasar. Pemerintah Inggris bermaksud untuk memaksakan peraturan anti pencucian uang, serta KYC untuk Bitcoin dan cryptocurrencies lainnya.

Semua para penggemar mata uang digital memberi pujian untuk Laporan Keuangan yang diumumkan oleh Menteri Keuangan Britania Raya George Osborne 2015 tentang Anggaran. Co-founder & COO penyedia layanan penyimpanan Bitcoin Elliptic, Dr. Tom Robinson melihat aksi pemerintah yang positif untuk memajukan adopsi Bitcoin tersebut.

“Hal ini bernilai positif bahwa industri ini dibiarkan untuk mengembangkan standar teknis sendiri (yang dipimpin oleh UKDCA) – self-regulation akan mempromosikan inovasi yang jauh lebih efektif daripada regulasi yang memberatkan. Langkah-langkah ini akan membantu untuk membuat Inggris menjadi pusat global untuk mata uang digital dan mempertahankan posisinya di garis depan dalam inovasi FinTech.”

Hugh Halford-Thompson, salah satu pendiri QuickBitcoin mengatakan bahwa situasi saat ini adalah kesempatan yang ideal bagi pemerintah untuk melegitimasi industri cryptocurrency. Setelah mengatakan hal ini, ia juga mengharapkan lembaga keuangan seperti bank, yang telah berkedip saat mendengar sedikit tentang mata uang digital, untuk menjaga agar selalu membuka pintunya untuk mata uang digital.

Beberapa usaha Bitcoin terkait seperti Bitcoin derivatif broker CryptoFacilities telah memulai proses self-regulatory, termasuk AML dan KYC. Penyedia layanan dompet Bitcoin BitGo telah bekerjasama dengan C4 untuk menyusun langkah-langkah perlindungan konsumen.

Pemerintah Inggris menetapkan untuk menyelenggarakan putaran lainnya tentang konsultasi formal di sesi parlemen berikutnya dengan Digital Currency Association Inggris (UKDCA).

Mar 25, 2015Fajar Himawan

comments