Pasar Mingguan adalah pergerakan harga kolom analisis mingguan di pasar mata uang digital secara global, dan kasus penggunaan teknologi ini disebut dengan kelas aset

Harga Bitcoin berfluktuasi dalam kisaran antara $ 415 dan $ 425 selama tujuh hari berakhir hingga 15 April, sedangkan harga ether, token asli pada blockchain Ethereum, mengalami penurun tajam beberapa minggu ini.

Stabilitas ini berlangsung dengan volume yang sederhana, karena pelaku pasar hanya memperdagangkan lebih dari 11m BTC selama tujuh hari terakhir pada 15 April, sesuai dengan data angka dari Bitcoinity.

Baca juga: Blockchain Tidak Akan Bekerja Jika Bank Tidak Berubah

Penurunan Harga Ether

Sementara ini bitcoin telah memperlihatkan harga range-bound, harga ether mulai merosot lebih dari 56% hingga akhir pekan ini 15 April pukul 12.00 UTC, menurut data di Poloniex.

George Samman, penasihat blockchain serta seorang konsultan, menggambarkan perkembangannya sebagai salah satu prediksi yang disebabkan oleh perubahan fundamental pasar.

“Harga Ether telah jatuh kembali,” kata Samman. “Segi teknis koin ether sedang memburuk untuk sementara waktu dan akhirnya harganya pun kini mulai jatuh.”

Christopher Burniske, pemimpin analis dan blockchain produk di perusahaan manajemen investasi ARK Invest, ia mengatakan telah menjual mata uang itu.

“Sell order book tentang [pertukaran mata uang digital] di Poloniex secara konsisten tercatat 30-50% lebih dalam dari buku order buy” katanya.

Namun sementara ini koin ether telah mengalami volatilitas harga yang sangat tajam, disamping itu ether juga telah mengalami aktivitas transaksi yang kuat.

Perdagangan harian mata uang itu mendekati 35.000 pada tanggal 14 April dan tetap di atas 30.000 selama beberapa hari sebelumnya. Sejak pertengahan Maret, transaksi harian hampir selalu melebihi 30.000.

Sebagai perbandingan, mata uang digital tidak konsisten melebihi 10.000 transaksi per hari sebelum Desember 2015.

Perkiraan downside

Ether juga telah menikmati peningkatan hashrate, kekuatan pemrosesan mencapai 2.000 GH/s pada tanggal 14 April, menurut data dari Etherscan.io. Angka-angka dari data tersebut menunjukkan bahwa minat reward dalam proses transaksi pada jaringan tersebut meningkat.

“Saya berharap downsidemasih menindaklanjuti dalam beberapa minggu mendatang dan $ 6,50 adalah area support yang cukup besar,” katanya. “Jika berbalik, $ 8,80 menjadi US $ 9,00. Hal ini harus terus bergejolak karena para pedagang mencari tingkat baru.”

Burniske menawarkan sudut pandang yang berbeda, memilih untuk fokus pada variabel pasar dasar.

“Sama halnya dengan semua pasar, itu merupakan fungsi dari pasokan vs permintaan, pembeli vs penjual, dan itu akan sangat menarik untuk melihat apa yang akan terjadi dari waktu ke waktu, karena Ethereum dibangun untuk selalu melepaskan koin baru di setiap tahunnya, meskipun pada persentase yang lebih rendah dari jumlah outstanding.”

Pola MenahAN

Di sisi bitcoin, beberapa ahli telah menekankan bahwa setidaknya untuk saat ini, mata uang digital terjebak dalam pola bertahan.

“Bitcoin, volume dan volatilitasnya terus menurun,” kata Samman. “Pada titik ini ketika menduduki range-bound dan saya telah mengatakan ini selama beberapa minggu, hal itu merupakan kaset rusak. Ini masih ‘duduk di tangan Anda’ dan menunggu waktu.”

Namun, Arthur Hayes, co-founder dan CEO dari BitMEX, melihat setitik cahaya di ujung lorong gelap. Ia memperkirakan, gejolak geopolitik di Eropa akan mendorong harga bitcoin yang lebih tinggi selama beberapa bulan kedepan.

Para pengamat pasar telah berulang kali mengamati bahwa pada saat terjadi gejolak pasar, mata uang digital dapat bertindak seperti tempat yang aman mirip dengan emas.

Selain tantangan yang mempengaruhi Yunani, perkembangan lain di Eropa yang bisa mendorong harga bitcoin yang lebih tinggi adalah kesempatan dari UK “Brexit” Uni Eropa yang akan keluar. Pasar akan memasuki risiko-fase tengah tentang kekhawatiran Uni Eropa yang akan berakhir, dan perkembangan ini akan menempatkan tekanan ke atas pada harga bitcoin, tekan Hayes.

Namun, ia memprediksi bahwa jika politisi Yunani kembali turun dari tuntutan mereka, harga bitcoin bisa jatuh.

Charles L. Bovaird II adalah seorang penulis keuangan dan konsultan dengan pengetahuan yang kuat dari pasar surat berharga dan konsep investasi. Dia tidak memiliki posisi di bidang bitcoin atau ether pada saat menuliskan laporan ini.

Ikuti Charles Bovaird di Twitter.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Gambar Trading via Bitcoinwisdom

Harga Ether Terjun 50% Disebabkan OLeh Penyimpanan Bitcoin

Apr 16, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments