Saat ini eksperimen Bitcoin yang dilakukan oleh perusahaan MMM global akan segera berakhir, ada banyak pendapat dari para pengguna tentang bagaimana platform ini beroperasi. Beberapa orang merasa senang dengan pengalaman mereka di MMM global, ada juga yang telah kehilangan banyak dana investasinya. Terutama di Afrika Selatan, ada berbagai perasaan yang sangat beragam karena ikut berinvestasi di MMM global.

Saat ini dengan adanya media sosial dan komunikasi global, seseorang dibebaskan untuk berpendapat dan mengutarakan ekspresi. Penutupan Republik MMM global Bitcoin menyebabkan banyak kecemasan dan kekesalan diantara penduduk Afrika Selatan, karena banyak dari mereka yang ikut berinvestasi ke dalam skema Ponzi ini.

Baca juga: Anda Sekarang Bisa Menghabiskan Bitcoin Pada 2,5 Juta Produk Yang Tersedia Di Bitcoin.com 

Salah satu pengguna Twitter yang membuat mention bagaimana istrinya telah melakukan investasi sebanyak RS 15.000 di MMM global pada tahun 2013 namun uang investasi tersebut tidak pernah kembali dari perusahaan itu. Selama jangka waktu tersebut, program MLM itu menawarkan Mega Share incentive yang kemudian berkembang menjadi Mavro offering, para pengguna diharuskan untuk menyelesaikan satu tugas setiap harinya di media sosial untuk “menyebarkan berita tentang MMM dan bagaimana MMM global tersebut telah mengubah hidup mereka”.

@CapeTalk @SizweDhlomo @GugsM #NightTalk My wife invested R15 000 on the Mega share scheme in 2013 but she never received any thing frm them

— cornelius mathebula (@corneliusmathe4) March 29, 2016

Kebanyakan orang sangat menyadari bagaimana MMM global itu berhasil bertahan dalam bisnis begitu lama, ada akun yang sama sekali tidak menerima uang mereka kembali, dan ada juga beberapa bahkan dari mereka bisa membuat keuntungan kecil. Itulah salah satu faktor risiko dari skema Ponzi: selama ada sumber dana baru yang terus mengalir, para pengguna awal akan mendapatkan bayaran.

Afrika Selatan nampaknya sudah menjadi lahan subur bagi MMM global, banyak orang afrika yang terlibat ke dalam skema tersebut.

Selalu ada orang yang terus mendapatkan bayaran namun di sisi lain ada yang berjuang mati-matian untuk mendapatkan dana investasinya secara utuh. MMM global merupakan investasi yang sangat beresiko dari awalnya, beberapa penggunanya akan mencoba untuk meyakinkan orang lain agar mereka melakukan investasi dengan menunjukkan uang yang mereka terima selama di MMM. Hal ini tidak jarang kita temui, strategi ini sama persis seperti di OneCoin, yang mencoba untuk memikat para investornya.

Sejak penutupan/shutdown, penyelidikan yang dilakukan oleh National Consumer Commission masih berlangsung sampai saat ini. MMM global merupakan salah satu dari sembilan perusahaan yang saat ini sedang diteliti, karena ada banyak klaim sebagai perusahaan dengan sistem skema piramida. Tidak lama ini, penyelidikan itu telah diambil alih oleh Satuan Polisi Khusus Kejahatan Komersial Afrika Selatan Service.

Sumber: Capetalk

Gambar MMM Global

Mengungkap Taktik Skema Ponzi Dari Korban MMM Global Afrika Selatan

Apr 13, 2016Fajar Himawan

comments