Seorang konsultan penelitian bank sentral Kanada telah menerbitkan sebuah makalah penelitian baru yang menggambarkan sebuah dunia yang telah menetapkan standar moneter berdasarkan bitcoin.

Hasilnya, penulis Warren Weber berspekulasi, akan ada campuran baik dan buruknya pada dampak di sebuah kebijakan moneter.

Baca juga: Bursa Pertukaran Bitcoin Cointrader Mati Setelah Terkena Hack

Weber menulis:

“Sebuah standar bitcoin akan memiliki dua manfaat besar bagi standar mata uang fiat saat ini. Salah satunya adalah bahwa akan timbul prediktabilitas harga yang lebih besar karena bitcoin mulai dikenal, tingkat deterministik di mana Bitcoins baru diciptakan. Yang kedua adalah bahwa sumber daya saat ini ditujukan untuk perlindung nilai terhadap fluktuasi nilai tukar akan dibebaskan untuk digunakan dalam cara yang lebih produktif.”

Namun, akan ada biaya tambahan, menurut hasil penelitiannya tersebut (seperti pada negara Canada itu sendiri, tidak mencerminkan dan berpendapat atau kebijakan Bank of Canada), yaitu hilangnya kontrol dari bank sentral, akan memiliki tuas kebijakan yang lebih sedikit untuk menarik/mengeluarkan tanpa bantuan mata uang fiat seperti dolar AS.

Weber berpendapat, mengapa bank sentral dan pemerintah akan mencegah hasil seperti itu terjadi di sejak awal.

“Salah satu [alasan] adalah untuk melindungi pendapatan seigniorage bahwa mereka memperoleh keuntungan dari kemampuan untuk costlessly dalam membuat uang,” tulis Weber. “Yang kedua adalah untuk mempertahankan kemampuan untuk menerapkan kebijakan bunga mempengaruhi ekonomi domestik. Pemerintah akan kehilangan kemampuan untuk melakukan salah satu atau kedua tersebut di bawah standar bitcoin.”

Baca dan pelajari lebih lanjut Penelitian Weber di sini.

Penelitian Bank of Canada: Standar Moneter Bitcoin Akan Gagal

Apr 1, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments