Investasi bank dan perusahaan manajemen aset Needham & Company telah merilis sebuah laporan yang menyimpulkan bahwa bitcoin saat ini undervalued 58% yang didasarkan pada harga saat ini.

Dalam laporan tersebut harga Bitcoin pantasnya berada di $ 655, jika dibandingkan pada harga $ 412 saat ini dan menyarankan kepada para investor untuk membeli saham Bitcoin di Investment Trust (GBTC), sarana bagi spekulan untuk berinvestasi bitcoin tanpa benar-benar membeli dan memegang aset.

Baca juga: Pendiri Counterparty: Ethereum tidak Bisa Bekerja, Ethereum 100% Hype?

Spencer Bogart, seorang penulis di dalam laporan tersebut dan baru-baru ini telah diangkat di asosiasi penelitian ekuitas Needham yang bertanggung jawab atas bitcoin dan blockchain, mengatakan bahwa laporan itu adalah mosi percaya pada sebuah teknologi baru yang banyak menimbulkan pertanyaan sebagai tempat penyimpanan nilai yang stabil.

Dikutip dari media besar CoinDesk, Bogart mengatakan:

“Kami percaya bitcoin mempunyai nilai yang baik sebagai emas digital dan sebagai channel pembayaran.”

Saat ini, ada sekitar $ 74 billion yang senilai dengan emas yang berada di exchange-traded funds (ETF) di seluruh dunia, menurut angka yang tertera dalam laporan tersebut. Dari kapitalisasi pasar bitcoin $ 6,3 miliar, Bogart memperkirakan sekitar 75%, atau $ 4,8 milyar terdiri dari uang cash yang diperlakukan/digunakan sebagai investasi.

Dalam laporan tersebut dinyatakan 6% dari nilai ETF emas, diprediksi akan meningkat sebanyak 25% pada tahun 2020.

Bogart menggunakan persentase Bitcoin pada saat ini yang sedang ditahan sebagai sarana investasi dan membandingkannya dengan investasi dalam ETF emas untuk menghitung estimasi harga dan di dapatkan harga yang pantas sebanyak $ 655 per koinnya.

Pada bulan Juni 2015, perusahaan investasi Wedbush mempublikasikan laporannya, mereka memprediksi harga bitcoin yang akan meningkat hingga $ 600 selama 12 bulan setelah rilisnya laporan tersebut.

Jika dibandingkan dengan laporan Needham yang senilai $ 62 GBTC, Wedbush memberikan nilai $ 60 per saham nya.

Menurut Bogart, salah satu faktor yang telah menyebabkan perbedaan besar diantara harga bitcoin yang tercatat pada saat ini dengan harga bitcoin proyek Needham adalah meningkatnya popularitas blockchains non-bitcoin yang menggunakan variasi teknologi yang dibangun bitcoin.

Baru-baru ini, Depository Trust & Clearing Corporation (DTCC), mengumumkan akan membangun proof of concept blockchain yang bekerjasama dengan Digital Asset Holdings, proyek Ethereum yang didukung oleh Lembaga-lembaga besar dan Overstock’s yang membangun top-level networks di atas jaringan blockchains bitcoin serta masih banyak lagi inovasi yang masih berkembang dan terus bermunculan karena terinspirasi oleh teknologi blockchains bitcoin. Bogart tetap percaya bahwa bitcoin akan memainkan peran yang penting.

“Kami pikir ada kemungkinan kuat bahwa Bitcoin akan menjadi inti dari sebuah keamanan untuk semua blockchain” katanya.

Bagian kedua dari laporan tersebut tidak berfokus pada bitcoin akan tetapi pada Bitcoin Investment Trust (OTCQX: GBTC), produk dari Grayscale Investasi yang dirancang untuk mengatasi kekhawatiran investor terhadap investasi bitcoin.

Sumber: Grayscale dan CoinDesk

Bitcoin Undervalued lebih dari $ 200, Ditemukan Dalam Laporan Investasi Bank

Mar 30, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments