Transaksi Bitcoin telah menarik para hacker untuk mencari celah keamanan dari sistem dompet bitcoin, laporan terbaru mengungkapkan bahwa perusahaan spyware Hacking Tim telah melakukan aktivitas pelacakan di situs dompet bitcoin. Penyedia berita keamanan CSO mengklaim bahwa hacker telah mampu mengakses cache besar file termasuk email internal faktur pembayaran dan deskripsi produk.

Tim Hacking adalah kelompok spyware terkenal yang berada di Italia yang telah dikenal untuk menyediakan teknologi yang memungkinkan pencegahan hacking, pengawasan massa dan pengumpulan data. Hal ini juga dikaitkan dengan pemerintah yang represif.

Pemantauan Dompet Bitcoin?

Perusahaan ini juga telah melacak aktivitas di Federal Bureau of Investigation, Departemen Pertahanan dan Drug Enforcement Agency di AS. Selain itu, file dari Arab Saudi, Oman, Azerbaijan, Turki, Sudan dan negara lainnya juga tidak luput dari pantauan mereka.

Hacker yang telah menyusup ke dalam file Tim Hacking merilis torrent informasi tersebut, bersama dengan sumber kode. Secara khusus, transaksi bitcoin dan litecoin dapat dilihat menggunakan perangkat lunak semacam ini yang digunakan oleh Hacking Tim.

Hal ini bisa menimbulkan ancaman besar bagi industri bitcoin, yang telah mengandalkan blockchain atau buku besar transaksi umum terkait dengan cryptocurrency. Jenis teknologi serupa juga telah disadap dengan aplikasi yang lebih praktis, seperti membuat database yang aman.

Blockchain dianggap kekal dan catatan yang ireversibel, tetapi jika sebuah perusahaan pengawasan dapat memantau transaksi pada dompet bitcoin maka itu juga menimbulkan masalah anonimitas untuk kegunaan lain dari blockchain tersebut.

Produk Tim Hacking menawarkan alat pengawasan untuk Mac OSX, Linux dan sistem Windows, memungkinkan pemegang lisensi untuk memantau aktivitas di komputer yang terkena spyware. Pengguna dapat menangkap file dan email, merekam suara menggunakan mikrofon dan melacak posisi perangkat dan fungsi lainnya.

Sumber

Gambar

comments

Jul 10, 2015 Fajar Himawan