Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,460.78
-0.61%
Ethereum (ETH)
$202.33
-1.21%
Bitcoin Gold (BTG)
$25.94
-0.64%
XRP (XRP)
$0.440700
-2.57%
EOS (EOS)
$5.37
-1.06%
World Bank Mengeluarkan Produk Obligasi Blockchain

Berita, Berita Blockchain

World Bank Mengeluarkan Produk Obligasi Blockchain

Bank Dunia atau yang sering kita kenal dengan world bank telah memberi mandat kepada Commonwealth Bank of Australia (CBA) untuk mengesahkan obligasi blockchain pertama di dunia. Obligasi foreign diterbitkan dalam dolar Australia telah diberi nama bond-i, akronim untuk Blockchain Penawaran Instrumen Utang Baru.

*bond: Obligasi

bond-i

Siaran pers dari Bank Dunia dan CBA menggambarkan bond-i sebagai yang pertama dari jenisnya yang sepenuhnya dikelola dengan teknologi blockchain. Obligasi ini akan sepenuhnya dibuat, dialokasikan dan ditransfer menggunakan teknologi ledger terdistribusi untuk mengamankan setiap transaksi.

Memperhatikan manfaat dari penerapan teknologi blockchain pada obligasi, kedua lembaga tersebut menyatakan dalam siaran pers bahwa blockchain mampu menyederhanakan proses dari sejumlah perantara pasar capital utang dan agen. Beberapa manfaat dari hal ini tercantum, termasuk menyederhanakan peningkatan modal dan sekuritas perdagangan, meningkatkan efisiensi operasi dan menambah pengawasan terhadap peraturan.

Arunma Oteh, Bendahara Bank Dunia, mengatakan: “Kami percaya bahwa teknologi yang muncul ini, sama-sama menawarkan kemungkinan yang transformatif, menuntut kami untuk terus berinovasi, menanggapi kebutuhan investor dan untuk keperluan memperkuat pasar.”

Bank Dunia dan CBA telah membangun platform blockchain pribadi berbasis Ethereum di mana obligasi akan diterbitkan dan didistribusikan di jaringan tersebut. CBA mengatakan bahwa mereka terbuka untuk menggunakan jaringan blockchain alternatif karena ruang yang terus berevolusi.

Sophie Gilder, Kepala Lab Inovasi Blockchain di CBA mengatakan bahwa bond-i adalah langkah signifikan dalam membuka potensi revolusioner blockchain dalam layanan keuangan dan pasar.

Minat investor dalam bond-i sudah kuat, menurut Bank Dunia, meskipun mereka masih memiliki rencana untuk melakukan konsultasi secara lebih lanjut dengan para investor sebelum meluncurkan transaksi.

Bank Dunia akan menjalankan operasi obligasinya dari Washington, DC, dengan lembaga yang sudah bertanggung jawab untuk mengeluarkan dana antara USD 50-60 miliar setiap tahunnya dalam bentuk obligasi untuk pengembangan lebih lanjut.

Tentang CBA

Berdiri pada tahun 1911 sebagai bank bagi keluarga Australia, Commonwealth Bank of Australia Group telah menyediakan layanan keuangan untuk orang, bisnis, dan komunitas di seluruh negeri.

 

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer