Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,348.66
-0.31%
Ethereum (ETH)
$206.64
-1.24%
Bitcoin Gold (BTG)
$28.24
-1.33%
XRP (XRP)
$0.51
-1.45%
EOS (EOS)
$5.22
-2.68%
Visa Akan Meluncurkan Sistem Identitas Digital Berbasis Bloc...

Berita, Berita Blockchain

Visa Akan Meluncurkan Sistem Identitas Digital Berbasis Blockchain pada Q1 2019

Visa kini sedang menyiapkan sebuah sistem identitas digital berbasis blockchain yang nantinya akan ditujukan untuk pembayaran lintas batas yang direncanakan akan diluncurkan pada kuartal pertama 2019, menurut siaran pers yang diterbitkan pada 21 Oktober.

Sistem, yang disebut dengan Visa B2B Connect, akan memberikan solusi identitas digital berbasis blockchain bagi lembaga keuangan untuk memproses pembayaran lintas batas secara aman dan cepat. Sistem akan melaporkan tokenizes data bisnis yang sensitif – seperti detail perbankan dan nomor rekening – memberi mereka tanda pengenal kriptografi unik yang akan digunakan untuk transaksi di platform tersebut.

Kevin Phalen, kepala global di Visa Business Solutions, mengatakan:

“Identitas digital B2B Connect akan mengurangi peluang penipuan yang biasa terjadi melalui beberapa kasus penggunaan seperti cek dan lain-lain serta membantu perusahaan agar tetap mematuhi peraturan yang ada pada ekosistem keuangan yang beregulasi.”

Dari sudut pandang teknis, solusinya ini akan mengintegrasikan Hyperledger Fabric framework (yang diselenggarakan oleh Linux Foundation dan dikembangkan dengan beberapa masukan dari IBM) dengan “aset inti” Visa, yang klaim rilisnya akan membentuk jaringan yang dapat diedit skalabel untuk digunakan dalam sektor keuangan.

Jason Kelley, manajer umum di IBM Blockchain Services, mengatakan bahwa sistem tersebut merupakan salah satu “contoh paling kuat tentang bagaimana blockchain mentransformasi pembayaran.”

Fintech provider Bottomline Technologies dikabarkan juga menjalin kerjasama dengan Visa pada sistem B2B Connect tersebut.

Bank terbesar keempat di Thailand, Kasikornbank, baru-baru ini juga ikut bergabung dengan B2B Connect.

Menurut keterangan yang ada pada situs website Visa, B2B Connect pertama kali dikenalkan pada tahun 2017, terhitung bahwa US Commerce Bank, Shinhan Bank Korea Selatan, Union Bank of Philippines, dan United Overseas Bank di Singapura termasuk ke dalam salah satu mitra pertama yang ikut melakukan uji coba proses pembayaran percontohan B2B Connect sebelum diluncurkan secara komersial.

Gambar

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer