Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,362.17
1.17%
Ethereum (ETH)
$212.07
7.24%
Bitcoin Gold (BTG)
$20.90
2.65%
XRP (XRP)
$0.331672
21.0%
EOS (EOS)
$5.13
5.39%
Soft Fork: Bitcoin Core Akan Merilis SegWit Pada Bulan Novem...

Berita, Berita Bitcoin

Soft Fork: Bitcoin Core Akan Merilis SegWit Pada Bulan November Nanti

Segregated Witness, merupakan solusi skala yang inovatif dari Bitcoin core, yang akan dirilis pada tanggal 15 November 2016 nanti.

Pengembang Bitcoin core Pieter Wuille membuat pengumuman pada Bitcoin-dev mailing list, di mana ia menyatakan bahwa BIP 141, atau usulan SegWit soft fork, akan diaktifkan pada tanggal 15 November nanti jika ambang hashpower validasi 95% sudah tercapai.

Baca juga: Kreator DECENT Mengatakan Semua Ini Tentang Desentralisasi Kepercayaan

Segregated witness hampir sama dengan hard fork

Kebanyakan dari ahli Bitcoin menggambarkan Segregated Witness sebagai alternatif yang lebih waspada dan lebih aman untuk hard fork. Pengembang Bitcoin core Lukas Jr misalnya, sejauh ini menggambarkan hard fork sebagai sebuah inisiatif untuk membuat altcoin yang baru.

“Soft fork adalah aturan tambahan yang ditambahkan ke protokol. Sebuah hard fork merupakan altcoin, bahwa setiap orang beralih (mewarisi dana yang diadakan pada sistem saat ini),” seru Jr.

Setelah pelaksanaan hard fork pada DAO, tim Ethereum sekarang menjadi sebuah serial yang tak terduga dari masalah ekonomi dan politik dalam jaringan dan komunitasnya, yang secara efektif memisahkan Ethereum menjadi dua cabang: rantai utama dan Ethereum klasik.

Seperti yang Jr jelaskan tadi, hard fork dapat menyebabkan situasi teknis dan ekonomis sulit untuk ditangani oleh pengembang dan pengguna mata uang digital.

Dengan demikian, solusi skala yang tepat seperti Segregated witness adalah metode yang lebih efisien dalam mengoptimalkan Blocksize Bitcoin, karena mengurangi kemungkinan rantai yang bercabang dan munculnya keamanan yang serius serta masalah ekonomi yang kemungkinan besar akan memerlukan tindakan hard fork.

Efek pada jaringan Bitcoin

Setelah diaktifkan dan dirilis, SegWit secara signifikan akan menurunkan data transaksional dengan menghapus satu set data yang disebut Witness dari struktur tradisional transaksi. Hal ini diduga untuk mengurangi kemungkinan blok yang mencapai kapasitas maksimum.

Pengembang Bitcoin core Wladimir J. van der Laan telah menambahkan aturan aktivasi SegWit yang disebut v0.13.1rc1, untuk memastikan bahwa para penambang dan operator node menyadari proses aktivasi proposal soft fork.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Sumber: Github

Soft Fork: Bitcoin Core Akan Merilis SegWit Pada Bulan November Nanti

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer