Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,482.70
-0.62%
Ethereum (ETH)
$204.03
-0.85%
Bitcoin Gold (BTG)
$25.89
-0.74%
XRP (XRP)
$0.452922
-1.33%
EOS (EOS)
$5.37
-1.38%
SEB: Blockchain Bisa Membuat Bank ‘Secara Radikal Lebi...

Berita, Berita Bitcoin

SEB: Blockchain Bisa Membuat Bank ‘Secara Radikal Lebih Efisien’

Skandinaviska Enskilda Banken (SEB), sebuah Stockholm yang berbasis perusahaan jasa keuangan dengan aset sebesar 1.7tn SEK ($ 202bn) di bawah manajemen perusahaan, kemarin mengumumkan bahwa 13 bank besar telah bergabung dalam pekerjaan rahasia yang berlangsung di R3CEV.

Sejak R3 meluncurkan misinya pada musim panas ini, startup teknologi ledger distributed sejauh ini telah ditandatangani oleh 22 mitra perbankan dalam sebuah proyek, yang semuanya sekarang berpartisipasi dalam upaya untuk menciptakan sebuah “Global Fabric for Finance” yang berbasis blockchain bagi bank.

Rasmus Järborg, kepala strategi di SEB, mengatakan bahwa bank melihat kemitraan sebagai cara untuk meneliti apa yang sedang berlangsung di dalam teknologi blockchain, dimana perjuangan blockchain dimulai pada 2010 dan meningkatkan harga bitcoin pada akhir 2013.

“Sebagai korporasi bank dan institusi terkemuka, aplikasi yang ditawarkan perusahaan akan segera menarik lebih banyak keuntungan untuk kami. Namun, kami universal bank di Swedia dan negara-negara Baltik cukup dini untuk memprediksi bagian mana dari bisnis kami yang akan memberikan dampak yang utama. Kami melihat kedua [konsumen dan pengelola aplikasi] pada saat ini. “

Menurut laporan fiskal 2014, lini produk yang paling sukses SEB berada dalam merchant banking, ritel perbankan dan wealth management, dengan mayoritas lebih dari 1,5 juta pelanggan teridentifikasi sebagai private individual.

Järborg menyarankan untuk mencari R3 untuk “menciptakan lingkungan prototyping cepat dan uji coba” pada teknologi tersebut sehingga dapat menghasilkan solusi yang akan diterapkan pada setiap kliennya.

“Kami percaya teknologi ini akan berdampak pada bisnis kami dengan membuat sejumlah proses yang secara radikal lebih efisien dan lebih murah bagi pelanggan kami,” tambahnya.

SEB dimulai pada salah satu bank Swedia swasta, Stockholms Enskilda Bank, yang kemudian akan bergabung dengan Skandinaviska Banken pada tahun 1972. Awal musim panas ini, bank itu terlibat dalam sebuah kontroversi seputar penjualan saham untuk investor ritel.

Mengevaluasi Sebuah Peluang

Dalam pernyataan, Järborg memberikan wawasan kerja pada R3 dan menunjukkan beberapa bank yang terlibat “secara teratur berkolaborasi”, bahwa mereka berbagi inovasi dan wawasan sebagai hasil dari kesepakatan.

“R3 memiliki tim yang sangat kompeten dengan campuran yang tepat dari sebuah pengalaman, memadukan beberapa perbankan dan pasar dengan teknologi,” tambahnya.

SEB juga tertarik untuk menyoroti statusnya sebagai salah satu bank pertama di wilayahnya yang mengumumkan upayanya yang lebih terkonsentrasi di sektor ini dari ruang FinTech, serta mengingatkan bahwa “tingkat bunga” yang tinggi di antara perusahaan sejenis di Eropa.

“Pasar Nordic adalah tech savvy, elektronik dan mobile banking yang sangat baik pertumbuhannya. Hal ini membuat konsumen kami lebih rentan untuk mengadopsi teknologi baru dan pengusaha untuk memulai bisnis di ruang tersebut.”

 

Gambar

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer