Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,254.48
-1.88%
Ethereum (ETH)
$84.77
-2.07%
Bitcoin Gold (BTG)
$10.90
-3.5%
XRP (XRP)
$0.288999
-3.4%
EOS (EOS)
$1.85
-1.12%
Santander: Bank Bisa Hemat $ 20B Menggunakan Teknologi Block...

Berita

Santander: Bank Bisa Hemat $ 20B Menggunakan Teknologi Blockchain

Menurut sebuah laporan yang dirilis oleh Santander, menggunakan teknologi blockchain dapat memungkinkan bank untuk mengehemat biaya pengeluaran sebanyak $ 20 miliar. Penelitian ini disebut “The Fintech Paper 2.0” dan telah bekerjasama dengan ventura fintech Anthemis dan perusahaan riset Oliver Wyman.

“Ini hanya masalah waktu sebelum didistribusikan dalam buku besar yang menjadi alternatif terpercaya untuk mengelola volume data yang besar,”.

 

Teknologi Blockchain di Bank

Blockhain mengacu pada buku umum transaksi bitcoin, yang diperbarui oleh jaringan komputer yang dapat memecahkan algoritma kompleks yang digunakan untuk verifikasi. Untuk setiap transaksi yang berhasil diverifikasi, blok kode ditambahkan ke blockchain, sehingga lebih aman.

Teknologi ini telah diterapkan dalam menciptakan registrasi hak atas tanah di negara Honduras, dan data penggunaanya disimpan aman di dalam database. Hal ini bisa membuktikan bagaimana teknologi Blockchain bermanfaat bagi bank yang sebagian besar mengandalkan entri data dan layanan pencatatan.

“Aplikasi besar pertama yang terlihat dalam pembayaran,” laporan menunjukkan. “Pembayaran Internasional berjaan lambat dan biaya nya mahal serta penghematan yang signifikan dapat dilakukan oleh bank dan pengguna akhir melewati jaringan pembayaran internasional yang ada.”

Daripada menggunakan cara manual dan berbagai hal yang menyulitkan untuk memverifikasi sebuah transaksi, sebaliknya bank bisa memanfaatkan blockchain untuk mempermudah. Hal ini membuat efisiensi dan transparansi yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan biasa.

Aplikasi lain yang berkaitan dengan kontrak juga dijelaskan. “Dalam waktu singkat, distribusi buku besar akan mendukung ‘smart contracts’ – protokol komputer yang memverifikasi atau mennjalankan sebuah kontrak. Hal ini akan menyebabkan berbagai macam kegunaan potensial di sekuritas, pinjaman sindikasi, pembiayaan perdagangan, swap, turunan atau di mana pun risiko counterparty akan muncul. Misalnya, smart contract bisa mengotomatisasi pembayaran oleh mitra bisnis untuk mengubah kontrak, “. “Hampir setiap dokumen tidak berwujud atau aset dapat dinyatakan dalam kode yang dapat diprogram ke dalam atau direferensikan.”

Beberapa bank di Australia telah membuat langkah untuk mengintegrasikan blockchain dalam operasi mereka saat ini.

 

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer