Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Saat Ini Bitcoin Belum Berguna Bagi Micropayment, Namun Kini...

Berita, Edukasi

Saat Ini Bitcoin Belum Berguna Bagi Micropayment, Namun Kini Sudah Hadir Sebuah Solusi Baru

Blockchain Bitcoin pada dasarnya menjadi tidak berguna untuk low-value/jumlah yang kecil, pembelian instan. Terus terang saja, jika Anda memesan sebuah kopi di sebuah kafe kecil, Anda lebih baik menggunakan uang tunai atau kartu kredit pada saat ini.

Baca juga: CoinIdol Gelar Uji Coba Publik Scammer yang mencuri Dana Sebanyak $ 10 juta Dalam Bentuk Bitcoin

Bitcoin pernah disebut-sebut sebagai alternatif yang lebih murah dari pada kartu kredit yang akan merevolusi industri pembayaran, namun sistem cash digital P2P telah memberi sedikit masalah dalam hal kecepatan. Mari kita lihat lebih dekat lagi pada peningkatan biaya transaksi Bitcoin yang semakin membengkak dan apakah ada solusi untuk memecahkan masalah ini?

Apa Yang Salah Dengan Pembayaran Dengan Jumlah Yang Kecil Menggunakan Bitcoin?

Masalah dengan transaksi yang bernilai rendah di jaringan Bitcoin sekarang adalah bahwa biayanya yang terlalu tinggi. Besarnya biaya transaksi kira-kira sebesar 54.240 satoshis pada saat penulisan artikel ini, yang setara dengan $ 0,69. Biaya ini kira-kira dua kali lipat dari jumlah biaya yang dikenakan dalam transaksi dengan nilai yang rendah di kartu kredit.

Sementara itu tingkat resistensi sensor yang ditawarkan oleh jaringan pembayaran permissionless Bitcoin memiliki nilai yang jelas, dan itu juga agak mahal. Sistem ini harus tetap desentralisasi agar resistensi ini untuk sensor tetap utuh. Biaya operasi full node meningkat agar transaksi segera diproses di jaringan tersebut, dan beberapa pengguna menilai operasi full node ini memakan biaya yang tinggi pada saat ini.

Pembayaran Bitcoin yang jauh lebih murah di masa lalu ini karena permintaan dalam ruang blok jauh lebih rendah.

Bagaimana Bisa Pembayaran Kecil Bekerja Pada Bitcoin Sekarang?

Untuk saat ini, pembayaran yang lebih kecil-nilainya dengan bitcoin cenderung memerlukan tingkat kepercayaan di pihak lain. Jika Anda berniat untuk menghindari biaya transaksi on-chain saat melakukan pembayaran bitcoin, maka Anda akan kemungkinan besar harus memegang koin di bank bitcoin, seperti Coinbase atau Xapo, dengan penerima pembayaran Anda juga harus memiliki akun di Bank bitcoin tertentu tersebut.

Tingkat kepercayaan di bank bitcoin sudah dapat kita atasi dengan menggunakan sesuatu seperti Blockstream Liquid atau Open Transactions voting pool. Dalam hal-skema, dana diadakan di satu alamat multisignature yang besar oleh semua bank yang terlibat dalam program ini. Bank bitcoin individu tidak akan mampu untuk mencuri dana nasabah, namun pelanggan harus percaya bahwa mayoritas bank (tergantung pada setupnya).

Sistem seperti Liquid dan voting pool juga memiliki efek samping yang tidak memerlukan transaksi on-chain untuk transfer dana antar entitas yang ikut berpartisipasi dan pelanggan mereka.

Belum ada bitcoin bank atau bursa pertukaran yang telah mengumumkan bahwa mereka telah menggunakan salah satu sistem ini sekarang.

Atau, bank bitcoin bisa memutuskan untuk membuat perjanjian dengan satu sama lain untuk menyelesaikan transaksi antara pelanggan mereka per harinya. Ini pada dasarnya berarti bahwa pembayaran antara pelanggan di Coinbase, Xapo dan setiap Bank bitcoin terpusat atau bursa pertukaran akan terjadi secara off-chain dengan biaya yang sangat rendah atau tanpa biaya.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Saat Ini Bitcoin Tidak Berguna Bagi Micropayment, Namun Kini Sudah Hadir Sebuah Solusi Baru

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer