Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,264.16
-1.5%
Ethereum (ETH)
$84.89
-2.02%
Bitcoin Gold (BTG)
$10.79
-4.59%
XRP (XRP)
$0.289762
-3.07%
EOS (EOS)
$1.85
-0.71%
Revolusi Layanan Kesehatan

Berita

Revolusi Layanan Kesehatan

Kesehatan adalah salah satu industri yang menghasilkan terabyte data setiap hari. Rumah sakit dan penyedia pelayanan kesehatan berinvestasi ribuan dolar setiap tahun untuk mengelola informasi pasien dan data lainnya. Bahkan setelah semua ini, ada keterputusan antara satu penyedia layanan kesehatan dengan yang lainnya. Ketika seorang pasien memutuskan untuk pindah ke penyedia layanan kesehatan lainnya karena suatu alasan, catatan medis pasien juga harus berpindah/bermigrasi secara manual dari rumah sakit/pusat layanan kesehatan sebelumnya atau pasien akan dipaksa untuk menjalani sejumlah tes diagnostik untuk mengevaluasi kondisi medisnya.

Sebagian besar catatan medis elektronik saat ini disimpan di tempat pada server fisik atau di cloud oleh penyedia layanan kesehatan, dan akses yang tersedia saat ini sangatlah terbatas dan itupun hanya untuk jaringan rumah sakit mereka. Sentralisasi data kesehatan membuatnya lebih rentan terhadap pelanggaran keamanan di mana hacker dapat dengan mudah masuk ke sistem dan mendapatkan akses yang tidak sah ke riwayat medis dan informasi setiap pasien. Jika data ini di tangan yang salah akan sangat berbahaya. Bahkan dari sudut pandang pasien, mereka tidak memiliki akses lengkap untuk melihat ataupun checkup data medis mereka sendiri yang tersimpan dalam database rumah sakit mereka.
Meskipun dengan manfaat membuat dan menyimpan catatan medis elektronik pasien telah ditetapkan (ditemukan bahwa menyimpan catatan sangat meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien) membutuhkan biaya selangit untuk mengelola dan memelihara sistem yang telah digunakan banyak rumah sakit.
Teknologi Blockchain, lifeline (jalur) jaringan Bitcoin memiliki potensi untuk mengatasi masalah ini mengenai akses, keamanan, skalabilitas dan privasi catatan medis elektronik. Sebuah platform terpusat yang mendesentralisasi Data kesehatan. Secara konseptual, data pasien dapat disimpan pada blockchain bitcoin atau teknologi serupa yang membuat alamat multisig untuk catatan medis masing-masing pasien. Pasien dapat memiliki kunci pribadi (privat key) dan alamat multi-sig untuk data nya sendiri. Selain itu, setiap penyedia layanan kesehatan yang menggunakan catatan ini dapat menjaga sistem dengan memberikan tanda tangan (signature) global/menyeluruh. Menggunakan prinsip multisig yang sama yang digunakan oleh dompet Bitcoin, pasien dapat memilih untuk memberikan akses ke penyedia layanan kesehatan pilihannya dengan menggunakan tanda tangannya (signature). Dengan cara ini, pasien akan memiliki akses penuh ke data mereka sendiri dan mereka dapat memilih penyedia layanan kesehatan pilihannya. Ini juga akan menghemat dari biaya rumah sakit yang besar terkait dengan pengaturan dan pemelihara catatan elektronik pasien.
 
Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer