Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,478.84
-0.63%
Ethereum (ETH)
$204.10
-0.84%
Bitcoin Gold (BTG)
$26.00
-0.32%
XRP (XRP)
$0.452195
-1.43%
EOS (EOS)
$5.41
-0.73%
Produk xRapid dari XRP Ripple Kemungkinan Akan Rilis Bulan D...

Berita Blockchain

Produk xRapid dari XRP Ripple Kemungkinan Akan Rilis Bulan Depan

Ripple dikabarkan akan meluncurkan platform pembayarannya xRapid “bulan depan atau lebih,” CNBC melaporkan pada tanggal 17 September kemarin. Kepala hubungan regulasi untuk Asia-Pasifik dan Timur Tengah di Ripple Sagar Sarbhai mengatakan kepada CNBC bahwa Ripple telah menyiapkan peluncuran produknya yang bernama xRapid.

Produk xRapid merupakan sebuah platform penyelesaian atau settlement real-time yang dirancang untuk mempercepat pembayaran internasional. Dibangun untuk penggunaan komersial dan didukung oleh token XRP, xRapid mengatasi masalah dengan meminimalkan biaya likuiditas dan membuat transaksi pembayaran lintas batas lebih cepat dari sebelumnya. xRapid mengklaim secara signifikan dapat mengurangi persyaratan modal untuk likuiditas. Sarbhai mengatakan pada CNBC:

“Saya sangat yakin bahwa dalam satu bulan ke depan Anda akan melihat beberapa berita baik datang dari perusahaan kami yang akan meluncurkan sebuah produk.”

Pada bulan Agustus, Ripple bermitra dengan tiga bursa crypto – Bittrex yang berbasis di AS, Bitso Meksiko, dan Coins.Ph Filipina – sebagai bagian dari solusi xRapid untuk membangun ekosistem pertukaran aset digital yang “sehat”. Kemitraan baru ini akan memungkinkan xRapid untuk bergerak di currency XRP, dolar AS, peso Meksiko, dan peso Filipina.

Namun, masih ada juga beberapa pengkritik XRP mengklaim bahwa sistem xRapid ini tidak akan diadopsi secara luas oleh bank dan lembaga keuangan lainnya, dan bahwa pembuatannya hanyalah upaya perusahaan untuk membuat kasus penggunaan untuk XRP, yang terkait erat dengan perusahaan. Terlepas dari kritikan tersebut, banyak perusahaan yang telah menandatangani kerjasama penting untuk bekerja dengan sistem xRapid mereka dalam versi beta, termasuk Santander Bank, American Express, MoneyGram, Western Union, dan SBI Jepang.

Berbagai lembaga keuangan telah ikut berpartisipasi dalam uji coba platform xRapid, dengan uji coba pembayaran antara AS dan Meksiko. Para peserta telah melaporkan penghematan biaya transaksi sebesar 40–70 persen. Selain menghemat biaya, para pihak juga mencatat adanya peningkatan kecepatan transaksi – dari rata-rata 2-3 hari hingga “hanya lebih dari dua menit.”

Sarbhai juga mengatakan bahwa lebih dari 120 bank dan lembaga keuangan saat ini telah bermitra dengan Ripple untuk memanfaatkan produk blockchain mereka untuk meningkatkan efisiensi sistem penyelesaian mereka melalui penggunaan xCurrent.

Baru-baru ini, muncul sebuah isu yang mengklaim bahwa Ripple mungkin menerapkan sistem baru yang akan menggabungkan produk Ripple xCurrent, xRapid, dan xVia menjadi satu solusi yang disebut Konvergensi.

“Hai Semua – untuk kejelasannya – kami memiliki 3 produk – xCurrent (dalam tahap produksi) dan 2 lagi masih dalam perjalanan – xVia & xRapid. Mereka akan segera rilis dengan segera.”

Brad Garlinghouse, CEO Ripple, yakin bahwa produk ini akan diadopsi secara luas, dan mengatakan bahwa “puluhan” bank nantinya akan menggunakan produk ini pada akhir 2019.

Sistem penyelesaian Ripple yang menggunakan kombinasi teknologi blockchain dan cryptocurrency ini mungkin akan menjadi awal besar untuk implementasi cryptocurrency dan blockchain secara besar nantinya.

Gambar

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer