Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$6,478.99
-0.62%
Ethereum (ETH)
$203.04
-1.23%
Bitcoin Gold (BTG)
$25.94
-1.09%
XRP (XRP)
$0.443002
-2.33%
EOS (EOS)
$5.37
-1.35%
Pertambangan Cryptocurrency: AMD Luncurkan Sebuah Software D...

Berita, Berita Pertambangan/Mining

Pertambangan Cryptocurrency: AMD Luncurkan Sebuah Software Driver Untuk Mining

Kabar hangat dari produsen graphics processing unit (GPU) Advanced Micro Devices (AMD) telah meluncurkan driver perangkat lunak barunya yang disebut Radeon Software Crimson ReLive Edition Beta for Blockchain Compute pada pertengahan Agustus 2017 ini.

Perangkat lunak ini dirancang khusus untuk meningkatkan kinerja GPU yang digunakan dalam penambangan kripto-currency.

Perangkat lunak ini dirilis untuk mengatasi peningkatan permintaan GPU untuk penambangan mata uang digital diseluruh dunia. Peningkatan permintaan GPU ini didorong oleh lonjakan harga dari Bitcoin dan Ethereum.

Apa itu mining dan apa sih peranan GPU di pertambangan/mining?

Penambangan mata uang digital adalah sebuah metode pemrosesan, record dan pengamanan transaksi mata uang virtual, serta proses menciptakan token cryptocurrency baru menggunakan komputer.

Selama proses mining berlangsung, sebuah transaksi akan ditambahkan/dicatat ke ledger atau yang sering disebut Blockchain. Sementara itu, para penambang yang melakukan hal ini akan diberi hadiah/reward dengan token baru untuk pekerjaan mereka tersebut.

Karena kebutuhan energi yang intensif, penambangan mata uang digital juga memerlukan komputer yang kuat untuk meningkatkan produksi mereka. Hal ini sangat menguntungkan bagi para produsen GPU seperti AMD dan Nvidia.

Sementara itu, saingan AMD yaitu Nvidia juga memanfaatkan gejolak pertambangan kripto untuk menambah keuntungan pada kuartal kedua 2017.

Divisi GPU perusahaan tersebut telah meraup pendapatan sebesar $ 1,9 miliar pada kuartal tersebut, meningkat sebanyak 59 persen.

Menurut Jen-Hsun Huang, CEO Nvidia, mereka sangat yakin tentang masa depan mata uang digital, serta teknologi Blockchain.

“CRYPTO HADIR DAN AKAN HIDUP, DAN MARKETNYA AKAN TUMBUH MENJADI BESAR. HAL INI TIDAK MUNGKIN AKAN HILANG DALAM WAKTU DEKAT. AKAN ADA LEBIH BANYAK LAGI MATA UANG YANG MUNCUL, MEREKA AKAN MUNCUL DARI BERBAGAI NEGARA … KAMI SANGAT DEKAT DENGAN MARKET, DAN MEMAHAMI DINAMIKA INI DENGAN SANGAT BAIK.”

 

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer