Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Penjelasan Kenaikan Harga Bitcoin Karena Peningkatan R&...

Analisis, Berita, Berita Bitcoin

Penjelasan Kenaikan Harga Bitcoin Karena Peningkatan R&D

Cukup dengan investasi institusional, harga bitcoin juga dapat naik karena komunitas penelitian dan pengembangan akan terus aktif.

Setidaknya itulah yang ditunjukkan oleh studi Electric Capital baru-baru ini. Perusahaan manajemen aset crypto yang berbasis di San Francisco menemukan bahwa jumlah pengembang yang bekerja di blockchain publik meningkat dua kali lipat sejak 2017. Pada Januari 2017, ada total 2.190 pengembang yang bekerja di proyek-proyek koin publik. Jumlah itu meningkat menjadi 4.352 pada akhir Januari 2019. Kesenjangan ini mengisyaratkan bahwa teknologi yang mendasari crypto sedang dikembangkan pada skala penuh meskipun kondisi pasar bearish.

“Jumlah pengembang atau developer aktif bulanan turun sebesar 4 persen sementara pasar turun lebih dari 80 persen,” kata Avichal Garg, salah satu pendiri Electric Capital. “Pengembang yang memasuki ekosistem crypto terus melakukan pembangunan meskipun dalam kondisi pasar saat ini.”

Jumlah pengembang yang mengerjakan proyek koin publik naik sebanyak dua kali lipat antara tahun 2017 dan 2019 | Sumber: Electric Capital

Ethereum Lebih Aktif daripada Bitcoin

Menurut Capital Electric, Ethereum mempunyai tim pengembang terbesar. Pada saat yang sama, Bitcoin berada di posisi kedua.

Aktivitas pengembangan pada beberapa platform, termasuk EOS, Dogecoin, Litecoin, Bitcoin Diamond, dan Bitcoin Gold, sudah mati atau hampir tidak ada aktifitas apa-apa.

Aktivitas Dev adalah Pertanda Bullish

Penelitian independen yang diterbitkan pada Januari 2017 menemukan hubungan langsung antara aktivitas pengembangan dan pergerakan harga mingguan yang positif. Sha Wang dan Jean-Philippe Vergne mencatat bahwa peningkatan aktivitas pengembangan crypto oleh satu standar deviasi memberikan hasil mingguan sebesar 9%.

Tidak seperti perusahaan, yang biasanya mempekerjakan peneliti dan pengembang swasta untuk mengawasi peningkatan dan inovasi produk/layanan mereka, proyek desentralisasi seperti bitcoin bergantung pada partisipasi sukarelawan. Dari waktu ke waktu, pengembang mengirimkan proposal peningkatan inti mereka ke repositori GitHub bitcoin – disebut commit. Commit dengan suara maksimum akan diintegrasikan ke dalam mainframe bitcoin. Sebagai imbalannya, penulis mereka atau pengembang akan menerima hadiah.

Terkadang, kode yang ditolak mengarahkan penulis atau developer untuk membuat sebuah proyek terpisah mereka. Misalnya, proposal Roger Ver untuk meningkatkan ukuran blok bitcoin dari 1 MB menjadi 8 MB membuatnya menciptakan koin lain – Bitcoin Cash.

Partisipasi sukarelawan yang tinggi menunjukkan bahwa proyek yang bersangkutan berjalan ke arah yang benar. Pengguna akhir menganggap proyek seperti itu lebih tahan lama dan kuat. Akibatnya, mereka menjadi lebih percaya diri dalam memegang aset dasar proyek.

Peningkatan kegiatan pengembangan crypto – khususnya, bitcoin – adalah faktor fundamental yang paling penting untuk dipertimbangkan. Penelitian dan pengembangan aktif adalah kunci untuk menarik uang yang begitu banyak ke sektor ini, sehingga meningkatkan nilai aset dasar itu sendiri.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer